11 Pejabat Eselon II Ikut Job Fit

Gubernur Beri Sinyal Bakal Rotasi Jabatan Kepala OPD
Oleh : Ismail
Senin | 25-02-2019 | 15:40 WIB
nurdin-new1.jpg
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun memberikan sinyal akan melakukan perombakan jabatan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hal itu dibuktikan dengan dilakukannya job fit kepada 11 pejabat eselon II Pemprov Kepri di Hotel Comfort, 22-23 Februari kemarin.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah mengatakan, pelaksanaan job fit tersebut merupakan kebijakan Gubernur selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di lingkungan Pemprov Kepri.

"Ini (job fit) kebijakan kepala daerah. Karena kepala daerah menginginkan komitmen kerja dari staf. Maka dari itu perlu dilakukan job fit," sebutnya usai melaksanakan rapat OPD di Kantor Gubernur Kepri, Pulau Dompak Tanjungpinang, Senin (25/2/2019).

Saat ditanyakan tujuan dilaksanakannya job fit ini merupakan langkah awal untuk merotasi sejumlah Kepala OPD, Arif pun tidak menampik hal tersebut. Menurutnya, salah satu tujuan dilaksanakannya job fit adalah untuk mengevaluasi kinerja para pejabat yang sudah menduduki jabatan tertentu selama 5 tahun.

"Bisa saja (mutasi), tapi itu tergantung pimpinan (Gubernur, red). Kalau saya hanya mengikuti," jawabnya.

Sementara itu, salah satu pejabat yang ikut dalam pelaksanaan job fit Naharudin menyebut, pelaksanaan job fit ini juga merupakan instruksi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Para pejabat yang diwajibkan mengikuti job fit ini merupaka pejabat eselon II yang sudah lima tahun menduduki jabatan yang sama wajib untuk mengikuti job fit.

"Jadi ini sesuai aturan KASN yang harus dilakukan job fit kembali. Hasil dari job fit tersebut nantinya akan diserahkan ke PPK," tutur Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Provinsi Kepri ini.

Ia merincikan, adapun ke-11 pejabat yang mengikuti job fit selain dirinya sendiri yakni, Kepala Dinkes Tjetjep Yudiana, Kepala Inspektorat Mirza Bahtiar, dan Kepala Biro Pengadaan Misbardi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Yerry Suparna, Kepala Dinas Tenaga Kerja Tagor Napitupulu.

"Yang lainnya saya lupa," tukasnya.

Editor: Yudha