Antisipasi Penggunaan Narkoba, 102 Anggota Danlanud RHF Tes Urin Mendadak
Oleh : Roland Aritonang
Kamis | 15-11-2018 | 14:16 WIB
tes-urine-rhf1.jpg
Anggota Danlanud RHF jalani tes urin dan sampel darah. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 102 prajurit Lanud Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang menjalani tes urine dan tes HIV yang dilaksanakan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kepulauan Riau, Kamis (15/11/2018).

Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah, Kolonel Pnb M. Dadan Gunawan mengatakan tes urine dan HIV dilakukan secara mendadak dengan tujuan guna mencegah dan meminimalisir penyalahgunaan narkoba oleh Prajurit TNI Angkatan Udara.

"Seluruh prajurit ada sebanyak 102 orang. Seluruhnya dilakukan tes tanpa terkecuali," ujar Dadan.

Ia menyebutkan kegiatan itu dilaksanakan setelah dilaksanakannya apel pagi, staf Intel bersama POM-AU selanjutnya menggiring satu persatu personel Lanud Raja Haji Fisabilillah ke Mako Lanud Raja Haji Fisabilillah untuk melakukan pendaftaran dan pengambilan sampel urine dan darah. Kegiatan pengecekan tes urin dan HIV ini rutin dilaksanakan 2-3 kali setahun.

"Kegiatan ini kita laksanakan minimal 1 kali setiap semester, namun juga dilaksanakan secara random yang waktunya tidak tertentu, bisa 2 bulan sekali atau 3 bulan sekali," katanya.

Menurutnya dengan adanya kegiatan ini dapat mencegah semua prajurit dari predikat narkoba . Karena sebagaimana diketahui bahwa narkoba dapat merusak masa depan prajurit.

"Harapan kami seluruh personil Lanud Raja Haji Fisabilillah tidak ada lagi yang berhubungan dengan narkoba yang dapat merugikan institusi dan keluarganya," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Kesehatan Lanud Raja Haji Fisabilillah, Lettu Kes dr. Nurchotijah mengatakan bahwa tes urine dan HIV tersebut terdiri dari 6 parameter yaitu Amphetamine (AMP), Morphine (MOP), Ganja/Marijuana (THC), Mtehamphetamine (MET), Cocaine (COC), Benzodiazepines (BZO) dan langsung didapat hasilnya.

"Untuk tes narkoba bisa dapat dilihat langsung hasilnya, apabila terindikasi positif, akan dilakukan pemeriksaan lanjutan berupa assessment test berupa pemeriksaan dengan wawancara untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat yang digunakan, untuk tes HIV juga langsung mendapatkan hasilnya," katanya.

Nurchotijah menyatakan dari pemeriksaan yang telah dilakukan, hasilnya seluruh personel Lanud RHF dinyatakan bebas Narkoba dan HIV.

"Dengan terbebasnya dari narkoba dan HIV akan mewujudkan prestasi, keluarga yang sehat dan harmonis, sehingga akan terwujud kesejahteraan dalam hidup kita," tutupnya.

Editor: Yudha