Dispar Optimis Kunjungan Wisman ke Kepri Bisa Lampaui Target di 2018
Oleh : Redaksi
Rabu | 14-11-2018 | 08:52 WIB
wisaman-kepri.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau optimistis kunjungan wisatawan mancanegara ke wilayah ini pada tahun 2018 melebihi target yang ditetapkan Kementerian Pariwisata.

Kepala Dispar Kepri, Buralimar menyampaikan, jumlah wisman yang mengunjungi Kepri mulai Januari-September 2018 lebih dari 1,8 juta orang, sementara target yang harus dicapai 2,25 juta orang.

Jika tidak ada kendala, jumlah wisman yang berkunjung ke Kepri pada Oktober-Desember 2018 mencapai 600 ribu orang atau rata-rata 200 ribu orang/bulan. "Hingga akhir Desember 2018 mudah-mudahan mencapai 2,4 juta orang. Kalau ini tercapai berarti target RPJMD tercapai," ujarnya, Selasa (13/11/2018), seperti dikutip situs resmi Diskominfo Kepri.

Buralimar mengatakan, mulai Oktober-Desember 2018, Pemprov Kepri tidak melaksanakan kegiatan kepariwisataan. Namun Pemerintah Kabupaten/Kota menyelenggarakan berbagai kegiatan kepariwisataan hingga akhir 2018.

Desember 2018 paling banyak kegiatan kepariwisataan. "Kami berharap kegiatan pariwisata yang diusulkan Dispar Kepri dapat direalisasikan," katanya.

Tahun ini, Dispar Kepri mengusulkan tiga objek wisata di wilayah tersebut masuk dalam program Pesona Indonesia 2018. Objek wisata yang diusulkan tersebut yakni Kampung Terih di Batam, Bintan Mangrove di Kabupaten Bintan dan Taman Batu Alif di Kabupaten Natuna.

"Ketiga tempat itu menarik. Namun berdasarkan informasi yang diperolehnya, Kampung Terih berada diurutan pertama, kemudian Bintan Mangrove dan Taman Batu Alif," ucapnya.

Buralimar menyampaikan, objek wisata di Kepri akan mudah dan semakin berkembang jika masuk dalam program promosi yang diselenggarakan Kemenpar. Pesona Indonesia merupakan program promosi yang diluncurkan sejak tahun 2014, yang ditargetkan menjadi 'brand' dalam mengembangkan pariwisata di Tanah Air.

Editor: Gokli