BKD Enggan Ungkap Hasil SKD CPNS Pemprov Kepri
Oleh : Ismail
Senin | 12-11-2018 | 13:40 WIB
sekda-arif111.jpg
Sekda Kepri TS Arif Fadillah. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) atau hasil tes ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk di lingkungan Pemprov Kepri hingga kini belum diungkap secara umum. Padahal, SKD untuk Pemprov Kepri sudah selesai dilaksanakan pada 4 sampai 6 November kemarin.

Pihak panitia lokal dari Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemprov Kepri terkesan menutupi atau merahasiakan hasil tes tersebut.

Padahal, hampir seluruh Kabupaten/Kota di Kepri yang sudah selesai menyelesaikan tahapan SKD sudah menyampaikan secara langsung jumlah peserta yang lulus atau memenuhi passing grade.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri TS Arif Fadillah mengaku hingga akhir pekan kemarin, belum menerima laporan resmi dari BKPSDM Kepri selaku panitia lokal.

Namun, katanya, berdasarkan informasi yang banyak peserta yang tidak memenuhi nilai ambang batas yang diberikan.

"Saya belum menerima laporan dari Kepala BKPSDM maupun dari Sekretaris dan Kabid ini terkiat berapa besar kelulusan dan yang gagal dalam tes CPNS tersebut," kata Arif di Masjid Agung Nur Ilahi Dompak, Tanjungpinang, kemarin.

Ia juga tidak tau apa alasan pihak BKPSDM Kepri ini belum memberikan laporan kepada dirinya. Sebab, untuk hasil SKD di kabupaten dan kota di Kepri sudah hampir semuanya membuka hasil tes CPNS tersebut.

Ia berjanji akan mempertanyakan hal ini, sebab apabila ada masalah atau hal lainnya maka masalah itu bisa diambil langkah atau upanya lainnya.

"Pemerintah lainnya bahkan sudah mengajukan usulan kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) atas hasil tes CPNS yang tidak memenuhi kuota sesuai formasi yang sudah ditentukan," tegasnya.

Mantan Sekda Kabupaten Karimun ini juga meminta, agar pihak BKPSDM Kepri untuk lebih sigap dan gesit dalam hal ini. Jangan sampai ada masalah dibiarkan yang justru nantinya merugikan semuanya.

"Kan ada mekanismenya, segera lakukan sesuai aturan dan jangan seolah-olah membuat polemik. Nanti ada prasangka kurang baik dilihat masyarakat dalam pelaksanaan CPNS ini," ujarnya lagi.

Sementara itu Sekretaris BKPSDM Provinsi Kepri Isra Gigantara mengatakan, tidak mengetahui informasi mengenai CPNS. Hal itu disebabkan, yang menangani hal itu adalah Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan BKDSDM Pemprov Kepri yang dijabat Ibu Nora Fitri.

"Hubungi ibu Nora aja, karena dia Kabid yang menangani pelaksanaan CPNS Provinsi Kepri," kata Isra melalui pesannya singkat.

Sementara Kabid Pengadaan BKPSDM Kepri Nora Fitri saat dihubungi mengaku masih menggelar rapat, dan berjanji akan memberitahukan hasil tes CPNS dilingkingan Provinsi Kepri tersebut.

"Ok bang, nanti saya kabari. Saya masih rapat," katanya melalui pesan WhatsApp singkat.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 3.646 peserta penerimaan CPNS Provinsi Kepri tahun 2018 ini bersaing memperebutkan 192 kuota dari 3 formasi yang tersedia. Yaitu Tenaga Guru 100 orang, Tenaga Kesehatan 62 orang, Tenaga Teknis 30 orang.

Editor: Yudha