Tagana Kepri yang Ditugaskan ke Sulteng Terima Penghargaan dari Gubernur
Oleh : Redaksi
Senin | 12-11-2018 | 11:28 WIB
terima-penghargaan2.jpg
Sazali Somad, Ketua Koordinator Lapangan Tagana Kepri usai betugas dari Sulteng menerima penghargaan dari Pemprov Kepri. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Kepri diterima dengan baik oleh masyarakat Sulawesi Tengah. Tak hanya mendistribusikan bantuan dari masyarakat Kepri, Tagana juga membantu mndata jumlah pengungsi serta mengelola dapur umum untuk korban gempa.

"Kemarin, kami 10 orang dari Tagana Kepri, satu orang dari Karang Taruna, dan lima orang dari FKPPI (Forum Komunikasi Putra-putri Purnawirawan TNI-Polri), selama dua minggu di Sulteng untuk mengawal bantuan dari masyarakat Kepri," ujar Sazali Somad, Ketua Koordinator Lapangan, Sabtu (10/11/2018) saat menerima penghargaan dari Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun, seperti dikutip situs resmi Pemprov Kepri.

Tim tersebut mengawal penyerahan sekitar 15 ton bantuan barang dari masyarakat Kepri. Barang bantuan tersebut sebelumnya dilepas oleh Gubernur, sebelum diangkut menggunakan pesawat Hercules ke Halim Perdanakusuma.

"Kami serahkan bantuan ke Pemprov Sulteng. Tetapi kami juga diminta bantuan untuk mendistribusikan ke masyarakat korban gempa. Di sana kami juga dimintai bantuan untuk mendata jumlah lokasi pengungsian, jumlah keluarga dan jumlah jiwa korban gempa," tambah Sazali.

Untuk mendata tim diberikan waktu selama dua hari. Namun baru dapat diselesaikan dalam empat hari. "Karena terkendala lokasi juga. Kami sampai ke hutan-hutan untuk mencapai lokasi pengungsian," jelas Sazali.

Selama di Sulteng, tim dari Kepri tersebut bekerjasama dengan Tagana dari Lampung, Bengkulu dan Yogyakarta. Mereka membuka dapur umum dan membantu warga merehabilitasi rumah yang rusak.

"Yang membanggakan itu mereka ini diterima dengan baik oleh masyarakat disana," timpal Doli Boniara, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepri.

Sayangnya, Sazali menambahkan, masyarakat banyak yang belum mengenal Provinsi Kepri. "Banyak yang tanya juga Kepri itu di mana? Kepri itu Riau ya? Saya jelaskan bahwa Kepri itu berbeda dari Riau. Kepri itu dulu satu provinsi dengan Riau tetapi sekarang sudah provinsi sendiri," ujar Sazali sambil tertawa.

Editor: Gokli