Lanud RHF Siapkan Tim Taktis Force Down Pesawat Asing
Oleh : Roland Aritonang
Kamis | 01-11-2018 | 14:28 WIB
AU-tpi1.jpg
Tim taktis pendukung force down pesawat asing. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pangkalan Udara TNI Raja Haji Fisabilillah menyiapkan 2 tim taktis pendukung force down pesawat asing di Bandara Hang Nadim Batam dan Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang.

Komandan Pangkalan Udara TNI Raja Haji Fisabilillah, Kolonel Pnb M. Dadan Gunawan mengatakan dalam rangka mendukung Operasi Pertahanan Udara "Tangkis Petir" 2018 yang dilakukan oleh Komando Pertahanan Udara (Nasional Kohanudnas) di wilayah Batam, Lanud Raja Haji Fisabilillah sebagai perwakilan TNI AU di wilayah Kepri menyiapkan 2 team taktis untuk mendukung Force Down pesawat asing.

"Tim taktis yang kami siapkan terdiri dari unsur POM-AU, Paskhas, PLLU, Intel, Kesehatan, serta bekerja sama dengan Bea Cukai, Imigrasi, Karantina, serta Pemadam Kebakaran Bandara," ujar Dadan melalui release yang dikirim Kapentak Lanud RHF, Kamis (1/10/2018).

Dadan mengatakan bahwa tim taktis tersebut disiapkan untuk mendukung sewaktu-waktu adanya tindakan Force Down pesawat asing yang melanggar wilayah udara Indonesia di Wilayah Tanjungpinang atau Batam.

"Lanud RHF mendukung sepenuhnya operasi Tangkis Petir ini sebagai pangkalan udara pertahanan terdepan yang ada di wilayah Kepulauan Riau," katanya.

Diketahui bahwa Operasi Pertahanan Udara 'Tangkis Petir' berlangsung mulai tanggal 29 Oktober hingga 2 November 2018 di Wilayah Batam, melibatkan 2 unit pesawat tempur Sukhoi SU-30, 1 unit Sukhoi SU-27 dari Skadron 11 Lanud Sultan Hassanudin Makasar, 1 Unit Helicopter EC 725 Caracal dari Lanud Atang Sendjaja Bogor untuk Standby SAR, 1 Pleton Paskhas, tim teknik, PLLU, Satrad 213 Bintan, serta tim Pendukung dari Lanud Raja Haji Fisabilillah.

Editor: Yudha