139 Prajurit Lantamal IV Tanjungpinang Ikuti Latihan Pemantapan F1QR
Oleh : Roland Aritonang
Kamis | 01-11-2018 | 13:28 WIB
pelatihan-f1qr1.jpg
Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno membuka latihan pemantapan Fleet One Quick Response (F1QR). (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang melaksanakan latihan pemantapan Fleet One Quick Response (F1QR) di Aula Yos Sudarso, Markas Komando (Mako) Lantamal IV Tanjungpinang, Kamis (1/11/2018).

Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan profesionalisme satuan di lingkungan jajaran Koarmada I. Selain itu untuk meningkatkan profesionalisme diperlukan peningkatan kemampuan, keterampilan dan pemahaman dalam berbagai prosedur baik secara operasi, teknis dan taktis.

"Untuk itu pengaturan berbagai latihan di satuan-satuan sudah seharusnya dilaksanakan secara terus-menerus dan berkesinambungan guna memelihara dan meningkatkan profesionalisme para personel pengawak satuan-satuan di jajaran Koarmada I," ujar Eko dalam release yang dikirim Dispen Lantamal IV Tanjungpinang.

Eko menyebutkan latihan digelar selama 14 hari sejak tanggal 1-14 November 2018 ini diikuti 139 peserta. Terdiri dari staf latihan 9 orang, pendukung 14 orang, Iinstruktur 16 orang dan pelaku 99 orang.

"Seluruh perserta yang mengikuti ada sebanyak 139 prajurit," katanya.

Menurutnya para peserta nantinya akan menerima pembekalan teori dengan materi darat diantaranya menembak laras panjang maupun pendek, rappelling, membaca peta, Intelejen dan hukum laut serta materi laut renang laut, sea survival, selam dasar dan ship boarding dilanjutkan dengan praktek.

Eko juga memberikan penekanan kepada para peserta latihan diantaranya mengutamakan keselamatan dan keamanan diri masing-masing selama mengikuti latihan, ikuti setiap kegiatan dengan baik dan penuh kesungguhan, gunakan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya untuk saling mengenal dan berdiskusi, ikuti perintah instruktur dengan penuh disipilin.

"Terakhir adalah keikhlasan serta laksanakan kegiatan ini dengan baik sesuai rencana yang telah ditetapkan. Tetap memperhatikan keamanan serta keselamatan personel," tutupnya.

Hadir dalam acara pembukaan tersebut antara lain Asrena Danlantamal IV, Aspers Danlantamal IV, Aspotmar Danlantamal IV, Dansatrol Lantamal IV, Kadis dan Kasatker Lantamal IV serta peserta latihan.

Editor: Yudha