HUT TNI ke-73 Provinsi Kepri, Tingkatkan Profesionalisme untuk Rakyat
Oleh : Roland Aritonang
Jumat | 05-10-2018 | 14:17 WIB
hut-tni-kepri1.jpg
Upacara Dirgahayu TNI ke-73 di lapangan Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Upacara HUT TNI ke-73 dengan tema 'Profesionalisme TNI untuk Rakyat' digelar di lapangan Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, Jumat (5/10/2018).

Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 033/Wira Pratama Brigjen TNI Gabriel Lema mengatakan dengan HUT TNI ke-73, keluarga besar TNI di Kepri sangat berbangga karena mampu menjaga keutuhan negara dalam kebersamaan yang dikenal dengan soliditas dan sinergitas TNI, Polri dan masyarakat.

"Hal ini perlu dilanjutkan, secara internal seperti amanat dalam panglima TNI hanya satu kalimat profesionalisme tetap dijaga dan profesionalisme hanya dipersembahkan untuk masyarakat Indonesia," ujar Gabriel.

Gabriel dalam pembacaan amanat panglima TNI menyebutkan komponen bangsa lainnya telah berkerja bahu membagu, berupaya sekuat tenaga untuk meringankan beban derita dari saudara-saudara di Palu. TNI telah mengirimkan dan menyerahkan personil serta alusistanya untuk memberikan pertolongan pertama melaksanakan evakuasi memberikan bantuan dan memberikan pengamanan serta memulihkan sarana dan prasarana secara bertahap.

"Apa yang dilaksanakan di lokasi bencana baik pengetahuan personil dan alutsista adalah sebagian bentuk profesionalisme TNI oleh karena itu sangat tepat apabila di hari ulang tahun yang ke 73 TNI di tahun 2018 mengambil tema Profesionalisme TNI untuk Rakyat," tegasnya.

Lebih lanjut, Gabriel menyebutkan tema singkat namun padat ini, mengandung makna bahwa TNI yang senantiasa di tingkatkan peofesinalismenya melalui berbagai pendidikan, latihan dan persenjataan alutsista serta dipenuhi kesejahteraanya oleh negara adalah semata-mata untuk seluruh rakyat Indonesia.
"Profesionalisme TNI diwujudkan dalam pelaksanaan operasi kegiatan-kegiatan serta latihan TNI dalam rangka menjalankan tugas pokok yaitu menegakan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah, serta melindungi segenap bangsa dari segala macam gangguan," paparnya.

TNI juga turut serta dalam menjaga perdamaian dunia dengan mengirimkan pasukan garuda dalam misi perserikatan bangsa-bangsa keberagaman negara sebagai bentuk partisipasi negara dalam mewujudkan dunia perdamaian dunia.

"Kiprah TNI baik di dalam maupun di luar negeri membentuk TNI menjadi postur yang disegani. Berbagai alat negara atau sebagai alat negara tugas TNI tidak lepas dari berbagai tantangan saat ini," ujarnya.

Maka pada HUT TNI ke-73 ditekankan kepada prajurit dengan meningkatkan kewaspadaan dan profesionalisme karena setiap saat tugas selaku menanti berbagai macam tantangan tugas yang dilimpahkan kepada TNI. Mantapkan netralitas TNI baik sebagai individu maupun satuan dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019.

"Jalani lah setiap tugas secara tugas karena tugas kita semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara ini," tegasnya.

Upacara dihadiri Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Nurdin Basirun, Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto, Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, Danlanud RHF Kolonel Pnb M. Dadan Gunawan serta seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kepri dan seluruh pejabat TNI dan Polri yang ada di Kepri.

Editor: Yudha