Perangkat Desa dan Kelurahan se-Kepri Dapat Pembinaan Pemberdayaan Masyarakat
Oleh : Ismail
Rabu | 03-10-2018 | 12:16 WIB
desa-kepri1.jpg
Gubernur Kepri Nurdin Basirun buka kegiatan peningkatan kapasitas lembaga pemasyarakatan Desa dan Kelurahan se-Kepri. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pendudukan dan Pencatatan Sipil (DPMD Dukcapil) melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas lembaga pemasyarakatan Desa dan Kelurahan se-Kepri di Hotel Aston, Tanjungpinang, Selasa (2/10/2018) malam.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Gubernur Kepri Nurdin Basirun tersebut mengikutsertakan RT/RW, pendamping desa, Badan Pemusyawaratan Desa, dan lembaga lainnya di Provinsi Kepri. Dalam sambutannya, Nurdin menyampaikan, sebagai garda terdepan Pemerintah Daerah di masing-masing wilayah, peran RT/RW sangat penting dalam pemberdayaan masyarakat.

Dimana, RT dan RW sebagai lembaga kemasyarakatan yang mempunyai tugas pemberdayaan masyarakat dan ikut serta dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan dan meningkatkan pelayanan masyarakat.

"Ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka peningkatan kapasitas lembaga kemasyarakatan tingkat RT/RW sebagai mitra pemerintah desa dalam membantu pelaksanaan fungsi penyelenggaraan pemerintah desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat," jelasnya.

Selain itu, dirinya juga berpesan agar Ketua RT dan RW senantiasa melakukan koordinasi dan sinergitas. Bukan hanya dengan lurah atau kepala desa, tetapi juga sesama RT, RW dan LPMK maupun dengan lembaga kemasyarakatan atau stakeholder lainnya yang ada di kelurahan masing-masing.

"Dengan begitu masyarakat akan lebih mudah digerakkan untuk berpartisipasi aktif terhadap program-program yang dilaksanakan, baik itu program pemerintah maupun swadaya murni masyarakat itu sendiri," ungkap Nurdin.

Sementara itu, Kepala DPMD Dukcapil Kepri, Sardison mengatakan, tujuan utama kegiatan ini untuk pembinaan secara langsung kepada seluruh perangkat RT/RW dan LPMK se Kepri. Dengan mendorong partisipasi gotong royong demi pemberdayaan masyarakat.

"Diharapkan sebagai kader pembangunan, para perangkat RT/RW di desa dan kelurahan dapat menjadi garda terdepan dalam pembangunan," ucapnya dalam sambutan.

Selain itu, Sardison juga menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini akan menghadirkan narasumber dari kemendes, tenaga ahli provinsi, dan internal PMD.

Dengan peserta yang menjadi perwakilan di masing-masing Kabupaten/Kota.

"Peran lembaga kemasyarakatan secara umum sangat penting. Karena lembaga kemasyarakatan ini kan masuk dalam undang-undang," tukasnya.

Editor: Yudha