Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Brata Seligi 2018

Jelang Pemilu 2019, Cyber Troop Polres Tanjungpinang Awasi Penyebaran Berita Hoaks
Oleh : Roland Aritonang
Rabu | 19-09-2018 | 19:04 WIB
ops-mantap-seligi.jpg
Cyber Troop Polres Tanjungpinang gelar apel Ops Mantap Brata Seligi 2018. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Cyber Troops Polres Tanjungpinang semakin intens mengawasi peyebaran berita hoask atau bohong melalui media sosial (Medsos) jelang pelaksanaan Pemilu 2019.

Wakapolres Tanjungpinang, Kompol I Gede Ngurah Joni Mahardika mengatakan, pihaknya memiliki pengalaman dalam melakukan pengawasan terhadap penyebaran berita hoaks pada Pilkada serentak 2018. Di mana, operasi mantap praja yang dilakukan saat itu pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang dapat meminimalisir penyebaran berita hoaks.

"Yang kami antisipasi, mencegah upaya-upaya penyebaran berita hoaks yang tidak bertanggungjawab, berita yang menyudutkan satu sama yang lain. Semua itu kami akan awasi dengan menggunakan Cyber Troops," kata Joni usai apel gelar pasukan Ops Mantap Brata Seligi 2018 di Lapangan Pamedan, Jalan Ahmad Yani Tanjungpinang, Rabu (19/8/2018).

Selain itu, pihaknya juga mengajak rekan-rekan media dan masyarakat yang mengikuti Pileg dan Tim Sukses dalam Pilpers untuk berkompetensi dengan sehat, demi menjaga keaman dan ketertiban bersama.

"Jadikan ini pesta demokrasi, namanya pesta yang dilaksanakan dengan sukacita dan ceria. Jangan dilaksanakan dengan penuh kedengkian, menghujat satu sama lain, memberikan berita bohong sehingga akhirnya timbul kedengkian karena kita semua ingin mencari pemimpin yang baru, yang akan jadi panutan masyarakat dengan cara yang tepat," ungkapnya.

Joni mengatakan, Satgas Nusantara yang sudah dibentuk pada operasi mantap praja akan tetap giatkan dan laksanakan salah satunya dengan cara peningkatan teknologi. Jadi patroli pengamanan operasi mantap praya bukan patroli fisik dengan keliling menggunakan kendaraan, tetapi patroli media online juga dilaksanakan.

"Tim Cyber Troops akan kita giatkan dan kami minta rekan-rekan media bisa berkerjasama agar Tanjungpiang tetap aman dan damai," tutupnya.

Editor: Gokli