Alokasikan Dana Rp3 Miliar Untuk FBK, Dispar Targetkan Seribu Kunjungan Wisman
Oleh : Ismail
Rabu | 19-09-2018 | 14:04 WIB
buralimar12.jpg
Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kepri, Buralimar. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mengalokasikan anggaran sebesar Rp3 miliar untuk menyukseskan rangkaian event rutin n tahunan Festival Bahari Kepri (FBK) yang dimulai sejak 21-24 September ini.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepri, Buralimar menuturkan, alokasi anggaran tersebut dipergunakan untuk sejumlah ivent yang diakomodir oleh Dispar saja. Yakni, kegiatan FBK dan Tour de Kepri yang akan mengikutkan sekitar 400 atlet sepeda lokal dan mancanegara.

"Dana Rp 3 miliar itu diperuntukan buat kegiatan FBK sebesar Rp800 Juta dan Tour de Kepri sebesar Rp2,2 Miliar," ujarnya, Selasa (18/9/2018) kemarin.

Dikatakan, Buralimar, besaran dana yang disediakan tersebut sebenarnya belum memadai untuk mengakomodir semua rangkaian ivent yang akan digelar. Namun, gelaran rangkaian FBK nanti, kesemua kegiatannya tidak hanya diakomodir oleh Dispar saja. Sejumlah kegiatan dan lomba tradisional juga turut bekerjasama dengan OPD Pemprov Kepri lainnya.

Seperti, untuk lomba layang-layang, sampan, jong yang diakomodir oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kepri. Sementara untuk kegiatan seni dan budaya dihandle oleh Dinas Kebudayaan Kepri dan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

"Kita tetap akan berupaya semaksimal mungkin untuk menyukseskan agenda tahunan ini," tegasnya.

Ia menambahkan, salah satu tujuan dilaksanakannnya agenda tahunan ini adalah untuk menggenjot kunjungan wisman ke Tanjungpinang. Dengan demikian, lanjut Buralimar, melalui FBK ini mampu mendatangkan seribu wisatawan mancanegara ke Kepri.

"Untuk memenuhi target itu, kami sudah menyiapkan berbagai agenda pariwisata berskala nasional dan Internasional," sebutnya.

Editor: Yudha