Cuaca Tak Menentu, KKP Tanjungpinang Minta Nakhoda Waspada
Oleh : Roland Aritonang
Selasa | 11-09-2018 | 16:16 WIB
pelabuhan-tpi1.jpg
Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang . (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang mengimbau kepada seluruh nahkoda dan Anak Buah Kapal (ABK) untuk tetap waspada pada saat berlayar.

Kepala Kepolisian Kawasan Pelabuhan, Kompol Darmawan mengatakan saat ini cuaca yang terjadi di perairan provinsi Kepri khususnya di Tanjungpinang tidak menentu dan berubah-ubah. Bahkan terkadang panas namun tiba-tiba cuaca ekstrem seperti hujan disertai dengan angin dan gelombang laut yang tinggi.

"Kondisi cuaca beberapa hari terakhir ini tidak menentu, bahkan cuaca ekstrem seperti hujan lebat yang disertai oleh angin kencang serta gelombang laut tidak menutup di perairan Kepri," kata Darmawan saat dikonfirmasi, Selasa (11/9/2018).

Darmawan menyebutkan namun demikian pelayaran yang ada di Pelabuhan SBP Tanjungpinang masih berjalan normal. Namun para Nahkoda Kapal tetapi diminta untuk tetap mewaspadai cuaca seperti itu.

"Kami minta jika terjadi hujan lebat disertai dengan gelombang air laut tinggi untuk kami minta kapal yang berlayar untuk berhenti mencari tempat yang aman dengan tujuan untuk berlindung setelah cuaca membaik baru dapat berlayar lagi," katanya.

"Ini semua demi keselamatan penumpang dan awak kapal," ucapnya.

Menurutnya yang lebih aman dan penting lagi diminta kepada seluruh Nahkoda kapal yang hendak berlayar untuk berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk dapat mengetahui cuaca.

"Hal ini sangat penting diperhatikan karena memang perubahan cuaca selalu berubah-ubah jadi haru penting memperhatikan dan tetap berkoordinasi dengan BMKG," ucapnya.

Sementara itu dari pengawasan terhadap barang bawaan seluruh penumpang tetap dilakukan apabila ada yang mencurigai maka kita akan lakukan pengecekan.

"Sampai saat ini belum ada temuan barang penumpang dan masih standar," tutupnya.

Editor: Yudha