Meski Anggaran Defisit

Nurdin Pastikan Proyek Gurindam XII di Tanjungpinang Tetap Jalan
Oleh : Redaksi
Selasa | 28-08-2018 | 10:52 WIB
nurdin-isdianto-gurindam.jpg
Gubernur Kepri H Nurdin Basirun dan Wakilnya H Isdianto saat pencanangan proyek Gurindam XII di atas kapal tongkang di depan Perairan Laman Boenda Tepi Laut Tanjungpinang pada Senin (27/8/2018). (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri akan terus memperioritaskan percepatan pembangunan infrastruktur yang ada di Provinsi Kepri, meskipun dengan anggaran yang minim bahkan defisit seperti tahun ini.

Hal ini ditegaskan Gubernur Kepri H Nurdin Basirun saat pencanangan proyek Gurindam XII di atas kapal tongkang di depan Perairan Laman Boenda Tepi Laut Tanjungpinang pada Senin (27/8/2018).

"Proyek ini diharapkan dapat menjadi awal pembangunan proyek revitalisasi kawasan Teluk Keriting Tanjungpinang yang kita katakan Proyek Gurindam XII," ujar Gubernur yang didampingi Wakil Gubernur Kepri H Isdianto dan Sekretaris Daerah Provinsi Kepri H TS Arif Fadillah, seperti dikutip situs resmi Diskominfo Kepri.

Dikatakan Gubernur, meskipun dengan anggaran yang minim bahkan defisit seperti saat ini, namun dia tetap optimis proyek pembangunan Gurindam XII ini dapat terlaksana.

"Ini juga proyek penting, ini kita masukkan ke dalam prioritas anggaran kita, sehingga saya terus dorong setiap Kepala OPD untuk mencari sumber pendapatan baru," ujar Gubernur.

Sehingga dengan begitu, lanjut Gubernur pelaksanaan pembangunan khusus infrastruktur di Provinsi Kepri dapat berjalan dengan baik dan lancar. "Begitu juga proyek ini, kita harap dapat segera terlaksana agar cepat terwujud kawasan monumen Gurindam XII ini, tak hanya sebagai ikon yang memperindah ibukota Provinsi Kepri," kata Gubernur.

Sementara itu, Kadis PU Kepri, Abu Bakar mengatakan, untuk anggaran pembangunan proyek ini menggunakan anggaran pemerintah Provinsi Kepri tahun 2018. "Ini nantinya menggunakan anggaran daerah melalui program multiyears," ujar Abu.

Dikatakan Abu, setelah pencanangan ini proyek ini dimulai dengan proyek dasar dari pembangunan Gurindam XII ini yakni, proses pemecahan gelombang.

"Ini merupakan dasar sebelum kita membangun dan menimbun laut," ujar Abu.

Kedepannya Abu berharap agar pembangunan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga proyek strategis kita dapat cepat terlaksana.

Sebelumnya, PPTK Bagian Sungai dan Pantai 2 BWS Sumatra IV Robby Kartika mengatakan bahwa proyek awal ini dilakukan sebagai dasar pembangunan proyek Gurindam XII ini adalah pemecah gelombang laut yang ada.

"Proyek ini dimulai dari Pelabuhan Tanjung Buntung sampai ke depan laman bunda tepi laut dengan panjang sekitar 550 Meter, dan dalamnya paling dalam 4 Meter," jelas Robby.

Editor: Gokli