Hibah untuk Nelayan

Nurdin Tinjau Proyek Pembuatan Sampan Fiber di PT CAS Tanjungpinang
Oleh : Charles Sitompul
Jum\'at | 24-08-2018 | 18:40 WIB
sampan-fiber.jpg
Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun saat meninjau proyek pembuatan sampan jenis fiber di PT CAS Tanjunpinang. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Nurdin Basirun menyampaikan dengan potensi kelautan Kepri yang sangat luar biasa, kesejahteraan nelayan juga harus semakin baik kedepannya.

Dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan itu, pemerintah melalui APBD akan membagikan sarana kapal berupa sampa jenis fiber bermesin dompeng.

"Nelayan harus mampu meraup hasil yang maksimal di laut Kepri," ujar Nurdin saat meninjau proyek pengerjaan sampan fiber bermesin dompeng di Galangan PT Cahaya Anggun Sagara (CAS), KM 8 Tanjungpinang, Jumat (24/8/2018).

Pengerjaan sampan fiber bermesin dompeng sendiri menghabiskan dana APBD 2018 sebesar Rp2,392 juta. Di mana, sampan itu nantinya akan dihibahkan pada masyarakat nelayan.

Spesifikasi panjang sampan yang dibuat untuk nelayan ini berukuran penjang 9 Meter dan lebar 2,5 Meter.

Setelah pembutanya siap dikerjakan, direncanakan sampan tersebut akan dibagikan ke nelayan yang ada di Tanjungpinang, Batam, Bintan, Karimun dan Lingga pada akhir tahun 2018 dengan jumlah sebanyak 92 unit.

"Kita kasi nama sampan ini 'SELAR', ya!" ujar Nurdin spontan.

Pada tahun 2019 mendatang, Pemerintah Provinsi Kepri juga menargetkan akan kembali mengalokasikan anggara untuk pembuatan 50 unit sampan fiber bermesin dompeng dengan spesifikasi mesin yang lebih tinggi lagi. "Tujuanya, agar nelayan dapat melaut lebih jauh lagi," kata Nurdin.

Editor: Gokli