Pemprov Kepri akan Bentuk Tim Penggalang Dana Bantuan Korban Gempa Lombok
Oleh : Ismail
Kamis | 23-08-2018 | 17:04 WIB
sekda-kepri-ts1.jpg
Sekda Kepri TS Arif Fadillah. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menyatakan kesiapan untuk memberikan bantuan kepada korban bencana Lombok Nusa Tenggara Barat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri TS Arif Fadillah mengatakan, pihaknya akan membentuk tim untuk memfasilitasi pengumpulan bantuan untuk korban bencana gempa di Lombok.

"Saya sudah terpikir untuk membentuk tim untuk mengumpulkan bantuan kepada korban itu," katanya saat ditemui di Kantor Gubernur, Pulau Dompak, Kamis (23/8/2018).

Ia menjelaskan, ada dua pilihan skema dalam pemberian bantuan tersebut. Bisa dialokasi anggaran dari Pemerintah atau membuka donasi kepada seluruh ASN dan masyarakat yang ingin memberikan bantuan berupa materi atau apa pun.

Yang terpenting, menurutnya, Pemprov Kepri akan memfasilitasi upaya memberikan bantuan tersebut langsung kepada korban.

"Nanti kita juga akan libatkan Pramukan dalam tim donasi itu," ungkapnya.

Mengenai Surat Edaran dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang meminta semua Kepala Daerah se Indonesia untuk membantu keuangan para korban bencana Lombok, Arif mengaku belum menerimanya. Kendati demikian, pihaknya tetap akan berupaya berpartisipasi untuk membantu para korban sesuai dengan kemampuan daerah.

"Kita upayakan untuk membantu saudara-saudara kita yang tertimpa kemalangan saat ini," tukasnya.

Sebagaimana diketahui, Mendagri RI Tjahjo Kumolo menyurati gubernur, wali kota, dan bupati di seluruh Indonesia. Tjahjo meminta semua daerah untuk ikut membantu penanganan gempa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Editor: Yudha