SMAN 4 Tanjungpinang Berkurban 4 Ekor Sapi, Bentuk Karakter Positif Siswa
Oleh : Habibi
Kamis | 23-08-2018 | 12:28 WIB
qurban-sman4-tpi1.jpg
Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Tanjungpinang, Darson. (Foto: Habibi)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Untuk perayaan Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Tanjungpinang berkurban 4 ekor sapi, Kamis (23/8/2018).

Darson, Kepala Sekolah SMAN 4 Tanjungpinang, mengatakan, qurban adalah hal positif saat perayaan Idul Adha. Namun, di balik itu juga ada hal positif lainnya, yaitu pembentukan karakter positif bagi siswa dalam meningkatkan ukhuwah islamiah.

Menurutnya, berqurban memiliki arti yang sangat baik bagi karakter siswa. Mulai dari mengikuti ajaran agama Islam khususnya, kemudian juga mengajarkan siswa untuk berbagi kepada sesama.

"Saat qurban, seluruh siswa kita libatkan. Agar mereka mengerti bagaimana hidup gotong-royong, dan yang paling penting berintegritas," tutur Darson.

Seluruh umat muslim, kata Darson, tentu tau kisah di balik berqurban. Untuk itu, qurban yang dilakukan di sekolah merupakan implementasi dari rasa syukur, ikhlas dan menggalakkan persatuan dan kesatuan di dalam jiwa pelajar.

"Hal yang paling penting adalah selalu bersyukur dengan apa yang didapat dan ikhlas dalam melakukan sesuatu. Termasuk nanti saat dewasa, mereka bekerja, mereka bisa ikhlas menyisihkan pendapatan mereka untuk berqurban," kata mantan Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Tanjungpinang ini.

Darson mengaku, besar harapan pihak sekolah menyelenggarakan qurban ini sebagai stimulus bagi siswa agar belajar dan terus belajar. Khususnya tentang agama, mau apapun itu agamanya. Dan tidak saling berpecah, karena ada pesan Nasionalisme juga dalam berqurban.

"Persatuan dan kesatuan, nasionalis, pesan lain ya dalam qurban. Dimana kita saling berbagi tanpa memandang suku dan agama. Karena kita semua sama, yaitu Indonesia," tutur Darson.

Untuk diketahui, 4 ekor sapi yang diqurbankan tersebut ditegaskan Darson tidak ada memungut dari orang tua murid. Semua sapi dibeli menggunakan iuran kepala sekolah, guru dan staf tata usaha.

"Namun tidak menutup kemungkinan jika memang ada orang tua yang mau ikut berqurban di sekolah. Tahun depan akan kita fasilitasi juga," kata Darson.

Dari 4 ekor sapi tersebut, dagingnya akan dibagikan untuk yang berqurban dan siswa, khususnya yang tidak mampu. Ada sebanyak 287 kupon qurban yang dibagikan pihak panitia.

Editor: Yudha