Tak Pasang Bendera Merah Putih, Pegawai Asuransi Bumi Putera Ditegur Camat dan Danramil
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 13-08-2018 | 16:16 WIB
bendera-tpi11.jpg
Upacara penaikan bendera merah putih bersama pegawai kantor Asuransi Bumi Putera Tanjungpinang. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Petugas gabungan dari kantor camat, Danramil dan Polsek Tanjungpinang Kota melakukan patroli pemasangan bendera merah putih memperingati HUT RI ke-73. Didapati Kantor Asuransi Bumi Putera tidak ada memasang bendera.

Pantauan di Kantor Asuransi Bumi Putera tampak kantor itu tidak terpasang bendera Kebangsaan Indonesia, yang lebih parah lagi malah tampak juga seorang pegawai yang baru membeli bendera tersebut.

Sehingga dari tim gabungan langsung memberi teguran untuk menggelar upacara penaikan bendera merah putih bersama pegawai kantor Asuransi dan aparat yang bertugas pada hari itu.

Camat Tanjungpinang Barat Riwayat mengatakan pihaknya bersama tim gabungan melakukan penertiban pemasangan bendera berkaitan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-73. Adapun tujuannya untuk menampung aspirasi masyarakat kota Tanjungpinang ini bahwa rasa kebangsaan warga Tanjungpinang dalam pemasangan bendera sudah mulai menurun.

"Jadi untuk itu kami berkerjasama dengan Danramil Kota Tanjungpinang, Polsek Tanjungpianng Barat dan Lurah fokus sasaran pemasangan bendera dan umbul-umbul dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI," ujar Riwayat

Berdasarkan undang-undang nomor 20 tahun 2009 terkait dengan pemasangan bendera untuk itu di himbau pemasangan bendera dimulai dari tanggal 1 Agustus sampai 31 Agustus 2018, untuk itu pihaknya telah memberikan informasi kepada RT dan RW sekecamatan Tanjungpinang Barat.

"Berdasarkan surat edaran tersebut, kami telah memberikan himbauan kepada seluruh RT dan RW untuk menginformasikan kepada seluruh warganya," katanya.

Di tempat yang sama, Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) Kota Tanjungpinang Kodim 0315 Bintan Lettu Dede Tri Hariyanto menambahkan bersama tim gabungan, pihaknya melakukan patroli mulai dari dari kantor camat Tanjungpinang sampai ke Jalan Wiratno. Ada beberapa tempat yang belum memasang bendera, untuk itu rasa nasionalismenya dibangkitkam kembali.

"Di situ kami memberikan imbauan kepada warga untuk pentingnya menghormati jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan. Dengan susah payah dulu menaikkan bendera merah putih dan merebut kemerdekaan dari penjajah, maka dari itu harus menghargai jasa-jasa pahlawan," tutupnya.

Editor: Yudha