Kelola Potensi Maritim, Pemprov Kepri Perlu Bersinergi dengan Kementerian Kelautan
Oleh : Redaksi
Senin | 13-08-2018 | 09:28 WIB
potensi-maritim.jpg
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, Jamhur Ismail. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri diharapkan dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Pusat khususnya Kementrian Kelautan dalam mengelola potensi kemaritiman Kepri.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, Jamhur Ismail di Tanjungpinang, Jumat (10/8/2018). "Banyak potensi kelautan Kepri, hampir 98 persen potensi kelautan Kepri dapat dimanfaatkan," ujar Jamhur, seperti dikutip situs resmi Diskominfo Kepri.

Namun hingga saat ini, potensi tersebut belum dapat dimanfaatkan maksimal oleh Pemerintah Provinsi Kepri. Pasalnya, masih banyak potensi kelautan tersebut yang masih dikuasai Pemerintah Pusat.

"Ada yang dapat dikelola Pemerintahan Daerah, namun hingga saat ini masih menunggu dasar hukum dan aturan pusat," ujar Jamhur.

Baik itu terkait retribusi labuh jangkar maupun bisnis maritim yang ada di Provinsi Kepri.

Untuk itu, dikatakan Jamhur dengan adanya sinergi yang kuat dengan Kementrian kelautan maka setidaknya proses pengesahan aturan dan pengelolaan lainnya dapat cepat dilakukan.

"Untuk itu, saya bersama Dinas Kelautan dan beberapa instansi lain sangat berharap agar Pemprov Kepri harus bersinergi lebih kepada Pemerintah Pusat untuk mempercepat pengelolaan potensi maritim tersebut," tegas Jamhur.

Dikatakan Jamhur, terkait dengan masih minimnya progres pengelolaan pada sektor perhubungan, hingga kini masih dikarenakan terkendala aturan kebijakan pusat yang belum turun.

"Untuk itu, kita berharap dengan adanya komunikasi dan sinergi dengan Pemerintah Pusat maka dapat mempercepat kebijakan tersebut," demikian Jumhur Ismail.

Editor: Gokli