Peringati HUT RI ke-73 Sekaligus Dukung Asean Games ke-18

Lomba Hias Gapura Desa Kelurahan se-Indonesi Berhadiah Puluhan Juta Rupiah
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 10-08-2018 | 19:16 WIB
hias-gapura.jpg
Lomba hias gapura desa dan kelurahan se-Indonesia dalam rangka memperingati HUT RI ke-73 dan mendukung Asian Games ke-18. (Pemprov Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kementrian Dalam Negri bersama Kementrian Komunikasi dan Informatika serta INASGOC (Indonesian Asian Games Organizational Committed) menggelar lomba menghias gapura desa dan kelurahan se-Indonesia. Ini, dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 serta mendukung perhelatan Asean Games ke-18 tahun 2018.

Tema menghias gapura ini adalah lomba 'Gapura Energi of Asia' untuk melambangkan semangat yang memancarkan energi dari ASI yang berbeda warna, bahasa dan budaya Asia. Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal Kementrian Dalam Negri, Drs Hadi Prabowo dalam surat edaran nomor: 426.3/4613/SJ tanggal 15 Juli 2018 kemarin.

Nantinya, pada lomba ini juga memperebutkan hadiah ratusan juta Rupiah. Untuk 1 tim juara 1 mendapatkan hadiah Rp25 juta, juara 2 mendapatkan hadiah Rp15 juta, juara 3 mendapatkan hadiah Rp10 juta dan 25 tim pemenang hiburan mendapatkan hadiah Rp3,5 juta.

Nantinya Dinas Kominfo Kabupaten/Kota akan memilih 3 gapura terbaik di tiap kabupaten/kota untuk dipilih dan ditentukan 3 terbaik mewakili provinsi untuk diusulkan ke tingkat nasional.

Dalam kententuan lomba, peserta wajib menggunakan logo HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia. Peserta juga dapat mengunduh aset visual Asian Games dari link yang disediakan oleh Panitia Asian Games pada alamat https://kcloud.kominfo.go.id/s/lombagapuraAG18.

Sementara syarat peserta bisa warga atau karang taruna maupun elemen masyarakat lainnya. Di mana satu grup maksimal terdiri dari sepuluh orang. Peserta pun memiliki satu Gapura yang akan dihias sesuai tema perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia dan Asian Games 2018.

Peserta kemudian wajib mengupload tiga buah foto gapura yang terdiri dari gambar sebelum, proses pengerjaan, dan hail hiasan. Durasi pengambilan video maksimal satu menit dengan batas waktu pengiriman sampai tanggal 19 Agustus 2018.

Nantinya, peserta juga dapat mendaftar, mengupload foto dan video hasil karya gapura pada laman www.dukungbersama.id/lombagapura.

Penjurian karya dimulai dari tanggal 20 sampai dengan 23 Agustus 2018 dan pengumuman pemenang tanggal 24 Agustus 2018.

Pemenang akan diumumkan di laman website dukungbersama.id dan akan dihubungi langsung oleh panitia. Demikian dilansir situs resmi Pemprov Kepri.

Editor: Gokli