Dinas PMD Dukcapil Kepri Gagas Pembentukan Forum Inventor dan Inovator
Oleh : Redaksi
Sabtu | 14-07-2018 | 18:52 WIB
sardison-kepri.jpg
Kepala PMD Dukcapil Kepri, Sardison. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pencatatan Sipil (PMD Dukcapil) Kepri, Sardison berencana membentuk forum inventor dan inovator teknologi tepat guna (TTG).

"Ini merupakan tahun kedelapan pelaksanaan TTG di Kepri. Jadi sudah selayaknya dibuat sebuah forum sebagai wadah untuk bertukar pikiran dan gagasan," ujar Sardison, belum lama ini, seperti dikutip sirus resmi Pemprov Kepri.

Sardison menjelaskan, forum tersebut nantinya berisikan para inventor dan inovator yang pernah meraih pemenang, maupun yang aktif dalam melakukan inovasi teknologi tepat guna.

Untuk diketahui, inventor adalah seorang yang secara sendiri atau beberapa orang yang secara bersama-sama melaksanakan ide yang dituangkan ke dalam kegiatan yang menghasilkan invensi, sedangkan inovator adalah orang yang memperkenalkan gagasan, metode, dan sebagainya yang baru.

Selain menggagas terbentuknya forum inventor dan inovator, Dinas PMD Dukcapil Kepri disebut Sardison juga akan memfasilitasi kepengurusan hak paten dari hasil karya inovasi TTG. "Sudah dianggarkan. Hanya saja, untuk tahun ini baru dianggarkan untuk dua karya. Ini penting supaya hak kekayaan intelektual yang ada terlindungi," sebutnya.

Terkait ini, Sardison menyebut jika pihaknya telah berkoordinasi dengan LIPI, Poltek Batam dan BPPT.

"Pihak-pihak ini yang menyortir apakah karya TTG yang diajukan perlu atau tidak untuk dibuat hak patennya," ungkap Sardison.

Yang jelas, lanjutnya, karya TTG yang diajukan untuk dipatenkan itu telah termanfaatkan di tengah masyarakat.

Editor: Gokli