Ini Alasan PT Pelindo Naikkan Tarif Pass Pelabuhan SBP Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 28-05-2018 | 15:04 WIB
mediasi-mahasiswa-pelindo1.jpg

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - General Manager PT Pelabuhan Indonesia I Wayan Wirawan mengatakan kenaikan Pass Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) sebesar Rp10 ribu karena PT Pelindo mengalami kerugian mencapai Rp 3,8 miliar pada tahun sebelumnya.

"Sudah sewajarnya tarif boarding pass SBP Tanjungpinang naik, karena tarif pelabuhan di sini paling rendah, dan PT Pelindo juga mengalami kerugian Rp3,8 miliar," ujar I Wayan Wirawan usai melakukan mediasi dengan Aliansi Mahasiswa Tanjungpinang, Senin (28/5/2018).

Kerugian ini mengakibatkan tidak mencukupinya biaya (cost) operasional, PT Pelindo ini juga tidak dapat subsidi dari pemerintah karena semua biaya mulai daritagihan listrik dan lain sebagainya mengalami peningkatan. "Jika dilihat demikian wajar saja kenaikan harga pass segitu," katanya.

Menurutnya, jika dilihat pada tahun lalu untuk pelabuhan domestik SBP Tanjungpinang sebelumnya Rp 5 ribu menjadi Rp 10 ribu. Sementara untuk pas masuk pelabuhan Internasional bagi WNI sebelumnya Rp35 ribu menjadi Rp40 ribu.

"Selain itu untuk warga negara asing sebelumnya Rp55 ribu menjadi Rp60 ribu," paparnya.

Ia mengatakan PT Pelindo Cabang Tanjungpinang menunda kenaikan passtarif pelabuhan domestik maupun internasional Sri Bintan Pura hingga 1 Juli 2018 mendatang. Terkait peningkatan tarif ini pihaknya juga mendapatkan banyak kritik dari sejumlah masyarakat karena bertepatan menjelang lebaran idul fitri.

"Kenaikan ini juga kita tunda hingga 1 juli 2018 mendatang," ucapnya.

Namun sebelumnya, untuk menaikan tarif ini dalam perencanaannya sudah dua tahun lalu dibahas oleh bersama Pemko Tanjungpinang, DPRD Tanjungpinang, LSM dan mahasiswa.

"Tapi kita akan membicarakan dan mendiskusikan tuntutan mahasiswa ini dan hasilnya akan kita sampaikan nantinya," tutupnya.

Berita sebelumnya, Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam aliansi mahasiswa di Tanjungpinang, menggelar unjuk rasa penolakan kenaikan pass pelabuhan yang dilakukan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Senin (28/5/2018).

Korlap unjuk rasa, Norbariyansyah, mengatakan dirinya bersama aliansi mahasiswa Tanjungpinang melakukan 100 persen penolakan terhadap kenaikan tarif boarding pass masuk Pelabuhan SBP oleh PT Pelindo I Tanjungpinang.

Editor: Yudha