Hari Ini, Kemenag Tanjungpinang Mulai Pantau Hilal Ramadhan 1439 H
Oleh : Habibi Khasim
Selasa | 15-05-2018 | 13:04 WIB
kamenag-tpi.jpg
Kepala Kemenag Tanjungpinang, Erman Zaruddin. (Foto: Habibi Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kementerian Agama Kota Tanjungpinang akan mulai melakukan pemantauan hilal hari ini, Selasa (15/5/2018) di seputaran cafe puncak di Bukit Cermin. Hal ini guna mendapatkan kepastian 1 Ramadhan, yang nantinya akan diputuskan oleh Kementerian Agama RI dalam sidang Isbat.

Kepala Kemenag Kota Tanjungpinang, Erman Zaruddin mengatakan, memang Kemenag telah membagikan jadwal Ramadhan. Di mana, pada jadwal itu tersebutlah Ramadhan dimulai pada 17 Mei 2018.

Hanya saja, itu masih dalam perhitungan kasar saja. Yang lebih menentukan adalah hasil sidang Isbat yang akan dilakukan Kemenag RI pada pukul 16.00 WIB hari ini.

"Kalau tampak garis hilal ya berarti puasa dimulai Kamis 17 Mei itu. Tetapi tetap menunggu sidang Isbat di Kemenag pusat juga," tutur Erman Zaruddin, Selasa (15/5/2018).

Lebih lanjut Erman menjelaskan, tidak ada persiapan khusus untuk menuju kegiatan rukyatul hilal esok. Sebab rencananya akan turut didukung tim dari Kantor Wilayah Kemenag Kepri bersama tim ahli mereka.

"Nanti hasil penglihatan di sini akan dilanjutkan ke Kemenag pusat. Sebab, pemantauan berlangsung di 32 titik di Indonesia," jelas Erman.

Sementara itu, terkait kesiapan jelang Ramadhan di Tanjungpinang, Erman menjelaskan, pihaknya telah merampungkan sejumlah persiapan, mulai dari penetapan nama-nama mubalig yang akan disebar di lebih dari 250 masjid dan surau. Pembekalan materi pun sudah dilangsungkan akhir pekan lalu.

Erman berharap Ramadhan ini dapat dijadikan sebagai momentum meningkatkan kualitas iman dan taqwa. "Kami juga sudah menerbitkan panduan ibadah di bulan Ramadhan dan sudah diserahkan kepada seluruh pengurus surau dan masjid yang ada," tutupnya.

Editor: Gokli