Waw, di Kawasan Pelabuhan Bongkar Muat Tanjungpinang Ada Kampung Pelangi
Oleh : Habibie Khasim
Jumat | 11-05-2018 | 08:52 WIB
resmikan-kampung-pelangi.jpg
Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza, saat peresmian Kampung Pelangi (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Di kawasan Pelabuhan Bongkar Muat, tepatnya di Jalan RE Martadinata Km 6 Gang Simpati, diresmikan Kampung Pelangi. Mengadopsi ide Kota Malang yang telah membuat kampung warna, Pemko Tanjungpinang pun tak mau kalah dengan membuat Kampung Pelangi.

Konsepnya sama, yaitu rumah warga yang dicat warna-warni untuk mempercantik kawasan yang masuk dalam daerah kumuh tersebut. Kampung ini diresmikan oleh Pj Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza, Kamis (10/5/2018).

Berlokasi di RT 01/ RW 03 Kelurahan Melayu Kota Piring, di kampung ini disediakan tempat duduk, spot untuk selfie dengan pemandangan laut dan latar belakang rumah yang sudah dicat dengan berbagai warna, dan dilukis dengan gambar yang unik.

Raja Ariza saat peresmian Kampung Pelangi mengatakan, dengan hadirnya destinasi wisata baru ini, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tanjungpinang.

Saya berharap Kampung Pelangi menjadi pusat ekonomi baru di Tanjungpinang, katanya.

Raja Ariza, meminta kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tanjungpinang agar Kampung Pelangi ini juga dapat diterapkan di kampung-kampung lainnya.

"Salah satunya di kawasan Senggarang, Kampung China dan Perkampungan Teluk Kriting," tuturnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Disparbud, Raja Kholidin, mengatakan, pihaknya mencoba menghidupkan perekonomian Tanjugpinang dengan melibatkan masyarakat setempat dan juga adanya kerja sama yang baik antarwarga dan pemerintah. Sehingga menghasilkan sesuatu yang dapat menarik perhatian para wisatawan.

"Kita mengharapkan ini menjadi destinasi wisata yang mampu membantu masyarakat dalam hal peningkatan perekonomian. Ini harus benar-benar dijaga dan dirawat dengan baik," kata Raja Kholidin.

Dia menceritakan, warga sangat antusias dengan adanya konsep Kampung Pelangi ini. Semua dikerjakan oleh masyarakat dan pun yang memotivasi mereka adalah peningkatan kesejahteraan.

Editor: Udin