Komisi IV DPRD Minta Gubernur Segera Lantik Kadisdik Kepri
Oleh : Ismail
Kamis | 10-05-2018 | 18:04 WIB
Teddy-Jun-Askara.jpg
Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Teddy Jun Askara. (Foto: Tuah Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Teddy Jun Askara (TJA), berharap Gubernur Kepri Nurdin Basirun segera menentukan pilihan di antara ketiga nama yang lolos seleksi lelang jabatan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri.

Hal tersebut, menurutnya, harus dipercepat karena Kepala Disdik yang baru nanti harus bekerja ekstra menghadapi pekerjaan rumah pendidikan di Kepri yang sudah di depan mata.

"Kami minta gubernur segera tentukan. PR sudah menanti di depan mata. Mulai dari penerimaan siswa baru hingga APBD Perubahan," katanya kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (10/5/2018).

Ia juga menyarankan, agar Gubernur dapat memilih Pejabat yang akan memimpin Disdik nanti adalah sosok yang kompeten di bidang pendidikan. Dimana, jabatan Kepala Disdik merupakan salah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) strategis.

Karena, pendidikan merupakan prioritas utama pembangunan manusia di Kepri. Hal itu juga menjadi konsen utama dalam pembangunan, tak hanya di Kepri namun juga pemerintah pusat.

Keseriusan dalam meningkatan bidang pendidikan bahkan dibuktikan dengan pengalokasian 23 persen dari APBD Kepri 2018 atau sebesar Rp 630 miliar.

"Itu makanya dalam menentukan pejabat nanti harus yang berkompeten dan berpengalaman di bidang pendidikan," ujar TJA.

Selain itu, TJA menambahkan, salah satu pertimbangan Gubernur Nurdin dalam memilih pejabat yang memimpun nanti adalah track record dari masing-masing pejabat. Ia bahkan mewanti-wanti agar gubernur bisa lebih bijak dalam memilih, dengan memerhatikan pengalaman kerja sebelumnya-sebelumnya.

Sebagaimana diketahui, Gubernur Kepri Nurdin Basirun belum menentukan pilihan dari ketiga pejabat yang lolos untuk menduduki jabatan Kepala Disdik. Dari keenam jabatan yang dilelang, baru empat jabatan yang diiisi oleh pejabat yang lolos.

Sementara dua di antaranya, Dinas Pendidikan serta Dinas Koperasi dan UKM masih belum dilantik. Hal itu dikarenakan, pejabat lama pada kedua dinas tersebut belum memasuki masa pensiun.

Adapun ketiga pejabat yang lolos dalam pelaksanaan lelang jabatan untuk Kepala Disdik yakni, Atmadinata, M Yunus, dan M Dali.

Editor: Dardani