Kibarkan Bendera Merah Putih

Kodim 0315/Bintan Pasang Plang Pengawasan di Pulau Koyang
Oleh : Roland Aritonang
Kamis | 10-05-2018 | 14:58 WIB
bendera-plang.jpg
Pasi Ops Kodim 0315/Bintan Kapten Inf Alfianto bersama jajarannya mengibarkan Bendera Merah Putih dan memasang plang di Pulau Koyang. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kodim 0315/Bintan melaksanakan peninjauan di Pulau Koyang, Desa Mantang Lama, Kecamatan Bintan Timur, Bintan, Kamis (10/5/2018), dalam rangka pengibaran Bendera Merah Putih dan pemasangan plang demi menjaga keamanan pulau tersebut.

Komandan Kodim 0315/Bintan, Letnan Kolonel Infantri Ari Suseno melalui Pasi Ops Kodim 0315/Bintan Kapten Inf Alfianto mengatakan, pemasangan plang dan pengibaran Bendera Merah Putih ini merupakan perintah Danrem 033/Wira Pratama Brigjen TNI Gabriel Lema, melalui Dandim 0315/Bintan.

"Kegiatan ini dalam rangka pengawasan kami dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti yang terjadi terhadap pulau-pulau lain sebelum-sebelumnya," ujar Alfianto.

Alfianto menjelaskan, tujuan kegiatan ini, seperti diketahui bersama bahwa Pulau Koyang yang luasnya sekitar 315 hektare ini terletak di teritorial Kodim 0315/Bintan, sehingga diharapkan pulau ini dapat aman dan dapat terjaga.

"Jangan sampai terjadi ada suatu kegiatan yang melanggar hukum, kemudian yang lebih parah lagi jangan sampai dimiliki oleh WNA," tegasnya.

Menurutnya dengan kegiatan ini juga, nantinya dapat menjadi contoh dengan pulau-pulau lainnya yang ada di wilayah Provinsi Kepri. Di mana pulau di wilayah ini terdapat ribuan pulau yang harus dijaga keberadaannya.

"Mari kita bersama-sama dengan masyarakat untuk dapat menjaga keberadaan pulau-pulau yang ada di wilayah Kepri ini," ucapnya.

Seperti diketahui sebanyak lima pulau yang telah dilakukan pemasangan plang dan pengibaran Bendera Merah Putih di wilayah teritorial Kodim 0315/Bintan.

"Di antaranya Pulau Ajab, Pulau Temborak, Pulau Beralasan Bakau, Pulau Suka dan yang terakhir Pulau Koyang," tutupnya.

Dalam kegiatan pemasangan plang dan pengibaran Bendera Merah Putih ini juga bersama dengan pihak-pihak terkait, seperti anggota unit Intel Kodim 0315/Bintan, anggota Koramil 02/Bintim, Bhabinkamtimas dari Polsek Bintan Timur, anggota Pos Angkatan Laut Seinam Kijang, Sekertaris Kecamatan Mantang dan Pemuda Panca Marga (PPM) Kijang.

Editor: Gokli