Lahan Kosong Terbakar, Api Nyaris Merembet ke Perumahan Pertamina Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Jum\'at | 13-04-2018 | 15:04 WIB
padamkan-api1.jpg
Petugas Damkar memadamkan api yang membakar lahan kosong di Tanjungpinang. (Foto: Roland)

BATAMTODAY. COM, Tanjungpinang - Lahan kosong milik warga seluas 4 hektare habis dilahap sijago merah pada Jumat (13/4/2018) siang. Api juga nyaris merembet ke Perumahan Pertamina RT 02 RW 02 Kelurahan Batu IX Tanjungpinang Timur.

Kahar (50) salah satu warga mengatakan kejadiannya pada saat warga sekitar sedang melaksanakan sholat, tiba-tiba salah satu warga melihat bahwa lahan kosong yang hanya terdapat pohon dan rerumputan sudah kebakar dan langsung melaporkan kebakaran itu ke warga sekitar.

"mengetahui kebakaran itu saya bersama warga sekitar langsung mencoba untuk memandamkan api dengan menggunakan ember," ujar Kahar.

Selain itu ada juga warga sekitar yang mencoba memadamkan api dengan menggunakan kayu dan dedaunan sehingga api tidak menjalar mendekati perumahan warga.

"Api itu berasal dari belakang dan menjalar hampir mengenai perumahan warga, untungnya warga dan tim pemadam cepat memadamkan api," katanya.

Menurutnya jika dilihat dari kebakaran ini, sekitar 4 hektare luasnya. Namun ia tidak tahu siapa pemilik lahan dan juga siapa orang yang tega membakar lahan ini. "Kalau dilihat seperti ini ada 4 hektare luas lahan yang terbakar," katanya.

Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Daftar kota Tanjungpinang Derry Ambary mengatakan pihaknya menurunkan dua unit mobil pemadam kebakaran. Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa.

"Ada dua unit kita mobil damkar kita turunkan dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," pungkasnya.

Editor: Yudha