Buka Musrenbang Provinsi Kepri Tahun 2018

Nurdin Ajak Semua Pihak Kerja Bersama, Kreatif dan Energik Wujudkan Kepri Jadi Poros Maritim
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 28-03-2018 | 18:38 WIB
pembukaan-musrenbang-kepri.jpg
Pembukaan Musrenbang ditandai pemukulan gong oleh Gubernur didampingi Wakil Gubernur Isdianto, Sekretaris Daerah TS Arif Fadillah, Ketua DPRD Jumaga Nadeak, Anggota DPR RI Dapil Kepri Dwi Ria Latifa beserta jajaran FKPD dan unsur terkait lainnya (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepri, Nurdin Basrin, mengajak semua pihak untuk bekerja sama, kreatif dan energik dalam melaksanakan pembangunan untuk mewujudkan Provinsi Kepri sebagai poros maritim.

"Terobosan kreatif itu bukan hanya milik Gubernur dan jajaran OPD-nya saja, tetapi juga pihak DPRD, pemerintah Kabupaten dan Kota serta seluruh masyarakat, serta Pemerintah Pusat dalam membangun sinergi," ujar Nurdin saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) Provinsi Kepri 2018 di Tanjungpinang, Rabu (28/3/2018).

Dari sinergi yang dilakukan, tambah Nurdin, akan dapat menghasilkan pelaksanan program pembangunan yang bagus, serta dapat dilihat dan dirasakan langsung oleh masyarakat.

Menurutnya, pertumbuhan Kepri yang selama ini masih berpusat di Batam, dan hendaknya juga harus menjadi acuan kabupaten dan kota lainnya di Kepri, untuk terus meningkatkan dan menunjukkan kemampuannya dalam peningkatan ekonomi.

"Saya yakin semua daerah di Kepri pasti mampu melakukannya. Karena pembangunan harus merata untuk semua daerah," ujar Nurdin.

Dengan rencana program Pemerintah Pusat yang akan mejadikan Indonesia menjadi Posros Maritim, Kepri merupakan kawasan dan tempat yang sangat strategis. Dan untuk mencapai hal tersebut maka beberapa pelaksanaan proyek strategis Nasional diharapkan terus diupayakan.

pada kesempatan itu, Nurdin juga mengucapakan selamat pada wakil Gubernur Kepri yang baru dilantik Presiden, dengan harapan Semoga segera dapat mejawab apa yang dibutuhkan masyarakat yang tertuang dalam proses pembangunan di Kepri.

"Selamat bertugas pada Wakil Gubernur yang baru dilantik dan selamat bertugas dalam membangun Kepri," ujarnya.

Sementara itu Ketua DPRD Provinsi Kepri, Jumaga Nadeak, pada kesempatan itu juga menyampaikan sejumlah pokok-pokok pikiran DPRD Kepri, khususnya segala aspirasi masyarakat kepada DPRD.

Jumaga menambahkan, pihaknya terus berupaya bersama-sama dalam menunjang kinerja pemerintah daerah.

"Kita terus mengikuti dan mengevaluasi semua program pembangunan dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi," kata Jumaga.

Musrenbang sendiri berlangsung selama 2 hari (28-29 Maret 2018) dengan mengundang Eko Subowo MBA, Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri RI dan Rudy Soeprihadi Prawiradinata, Deputi Pengembangan Regional Bappenas RI yang bertindak sebagai narasumber.

Musrenbang Provinsi Kepri ini, juga diikuti kurang lebih sebanyak 800 orang yang terdiri dari FKPD, DPR dan DPD RI, Kementerian dan Lembaga, BUMN, Bupati dan Wali Kota beserta jajaran OPD, Perguruan Tinggi, insan pers dan tokoh masyarakat.

Pembukaan sendiri ditandai pemukulan gong oleh Gubernur didampingi Wakil Gubernur Isdianto, Sekretaris Daerah TS Arif Fadillah, Ketua DPRD Jumaga Nadeak, Anggota DPR RI Dapil Kepri Dwi Ria Latifa beserta jajaran FKPD dan unsur terkait lainnya.

Editor: Udin