HUT Ke-46 BNPP Tanjungpinang

Ratusan Mahasiswa dan Pelajar Ikuti Lomba Bantuan Hidup Dasar di BNPP Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 24-02-2018 | 13:38 WIB
lomba-simpul1.jpg
Pelajar di Tanjungpinang mengikuti lomba memasang tali simpul dalam rangka HUT BNPP Tanjungpinang. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dalam rangka memperingati HUT ke 46 Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Tanjungpinang menggelar perlombaan-perlombaan yang diikuti ratusan mahasiswa dan pelajar, Sabtu (24/2/2018).

Adapun perlombaan yang diadakan untuk Perguruan Tinggi, Siswa -Siswai SMP dan SMA se Tanjungpinang diantaranya lomba bantuan hidup dasar atau Medical First Responden (MFR), dan Rangking 1 yang diikuti kurang lebih 150 sampai 160 orang perserta.

Kepala Kantor BNNP Tanjungpinang Budi Cahyadi mengatakan rangkaian kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT BNPP yang ke 46. Khususnya di Tanjungpinang pihaknya melibatkan mahasiswa dan pelajar dengan tujuan agar lebih mengenal BNPP atau instansi atau lembaga pemerintah non kementerian ini.

"Anak-anak ini yang masa depannya masih panjang supaya lebih mengenal instansi dan lembaga non kementerian maka kita membuat perlombaan seperti ini," ujar Budi Cahyadi.

Budi juga menjelaskan selain itu juga ini merupakan langkah awal bagi mahasiswa dan pelajar untuk mengetahui tentang teknik pertolongan, sehingga ketika mereka melihat kejadian kecelakaan lalulintas di jalan raya dapat membantu bukan menonton saja.

"ini ilmu yang kita berikan merupakan Ilmu tentang bantuan hidup dasar atau Medical First Responden (MFR)," katanya.

Selanjutnya Budi menjelaskan kemudian ketika dalam menolong hanya menggunakan alat-alat seadanya, maka dalam perlombaan ini pihaknya bisa memberikan ilmu-ilmu bagaimana menyimpulkan atau membuat tali temali. Hal ini bisa dibuat dari tali apa saja, mudah dipasang dan mudah dibuka.

"Tidak hanya perlombaan itu saja, jadi besok kita akan mengadakan fitnes drell. Kita memberikan pemahaman kepada mereka ini kalau kita memiliki jiwa penolong maka fisik kita harus prima dan kuat," ucapnya.

Menurutnya untuk perlombaan Rangking 1, perlombaan untuk menguji wawasan dasar dari para pelajar. "Kalau untuk perserta ada 150 -160 orang," ujarnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Edo salah satu guru olahraga dari SMP Negeri 12 mengatakan kegiatan perlombaan ini sangat penting dan berguna bagi seluruh siswa-siswi yang mengikuti sehingga mereka mendapat ilmu dan wawasan dari perlombaan ini. "Kegiatan ini dapat menambah wawasan dan ilmu mereka," kata Edo.

Editor: Yudha