Hari Ini, Hujan Lokal dan Arus Kuat Berpotensi Terjadi di Kepri
Oleh : Ismail
Rabu | 10-01-2018 | 08:50 WIB
hujan1.jpg
Ilustrasi hujan. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang memperingatkan, masyarakat yang notabene menggunakan transportasi laut agar mewaspadai terhadap angin kencang dan gelombang tinggi di wilayah perairan Bintan dan Lingga serta arus laut yang kuat di seluruh wilayah perairan Kepulauan Riau pada Rabu (10/1/2018) hari ini.

Dijelaskan melalui laman resminya, Kondisi sinoptik kawasan Kepri menunjukkan adanya pola belokan angin (shearline) di wilayah Kepulauan Riau yang mendukung pertumbuhan awan-awan. Sehingga menyebabkan angin yang bertiup dari arah Utara hingga Timur dengan kecepatan 5-40 km/jam.

Adapun untuk kondisi perairan Batam - Bintan diperkirakan akan mengalami hujan lokal dengan intensitas sedang. Dengan potensi angin yang bertiup dari Utara ke Timur berkecepatan 3 - 19 knot. Sementara untuk perairan Kepulauan Lingga diprediski mengalami hujan lokal dengan arah tiupan angin yang sama mulai dari 3 - 16 knot.

Sedangkan potensi gelombang untuk kedua perairan tersebut, BMKG memperkirakan setinggi 0.2 - 1.2 meter.

Selain itu, BMKG juga mengimbau, agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi terjadinya hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada pagi hari di wilayah Batam, Tanjung pinang, Karimun dan Lingga serta pada dini hari di hampir seluruh wilayah Kepulauan Riau.

Tiga wilayah seperti Natuna, Lingga dan Anambas diramalkan akan mengalami hujan lokal pada siang hari. Sedangkan, wilayah lainnya diprediksi mengalami kondisi cerah berawan.

Editor: Dardani