Pemprov Siapkan Usulan Formasi CASN Kepri Tahun 2018
Oleh : Ismail
Jum\'at | 05-01-2018 | 15:26 WIB
ASN-Kepri-1.gif
ASN Pemprov Kepri. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kepulauan Riau, Firdaus mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan usulan formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang akan direkrut tahun ini.

Memang belum dipastikan kapan tahapan pendaftaran seleksi CASN dibuka. Akan tetapi, pihaknya telah mendapatkan surat edaran dari Kemenpan-RB terkait usulan formasi dan jumlah yang dibutuhkan Pemerintah Daerah ke Pemerintah Pusat.

"Saat ini kami tengah menyiapkan serta mendata kebutuhan di setiap OPD terkait jumlah dan fomasinya," ungkap Firdaus kepada awak media, Jumat (5/1/2018).

Penerimaan CASN akan diprioritaskan bidang pendidikan dan kesehatan. Karena menurut dia sudah cukup lama belum ada penerimaan. Namun mengenai jumlah kuota diusulkan pihaknya masih belum bisa memastikan.

"Yang paling utama itu untuk tenaga pendidikan dan kesehatan. Nanti usulan ini kami akan sampaikan ke Jakarta dulu, belum tahu disetujui berapa," katanya.

Selain tenaga pendidik dan kesehatan, Firdaus menambahkan, pada tahun ini pihaknya juga lebih memprioritaskan pada bidang teknis. Sementara untuk bidang administrasi, kemungkinan besar akan dikurangi.

Hal tersebut dikarenakan, kebutuhan formasi ASN yang diperlukan Pemerintah Daerah saat ini masih minim pada bidang teknis. Sedangkan, untuk keadministrasian dan pelayana sudah terbilang cukup.

"Sebagian besar pengusulan nanti dikhususkan yang bersifat teknis. Sementara, bidang administrasi kita kurangi," ujar dia.

Kendati demikian, dalam mengusulkan CASN kepada KemenPAN-RB kelak, tentu harus juga sesuai dengan keadaan keuangan daerah masing-masing, karena hal itulah yang akan menentukan berapa kuota yang bisa dialokasikan.

Editor: Yudha