Sinergitas Harus Berjalan Baik

Silaturahmi ke Gubernur, Kapolda Disambut Prosesi Adat Tepung Tawar
Oleh : Ismail
Senin | 04-12-2017 | 16:14 WIB
kapolda-Kepri-Didit1.gif
Kapolda Provinsi Kepulauan Riau, Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Didid Widjanardi bersilaturahmi ke Gubernur. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kapolda Provinsi Kepulauan Riau, Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Didid Widjanardi bersilaturahmi ke Gubernur, OPD, dan FKPD Provinsi Kepri di Gedung Daerah Tanjungpinang, Senin (4/12/2017).

Silaturahmi tersebut juga dibarengi dengan gelaran prosesi adat melayu tepung tawar sebagai penghormatan kepada Kapolda yang baru bertugas di Kepri.

Prosesi tepuk tepung tawar tersebut dilakukan oleh Gubernur, Sekretaris Daerah, dan tokoh adat Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Kepri.

Kapolda Kepri, Irjen Pol Didid Widjanardi dalam sambutannya menyampaikan, apresiasinya terdapat Pemprov Kepri telah memberikan penyambutan tak terduga kepada dirinya selaku 'warga baru' di Kepri. Ia mengungkapkan, saat menerima perintah tugas ke Kepri, dirinya langsung menemui Gubernur selaku pimpinan tertinggi di wilayah Kepri.

"Bahkan sebelum dilantik, paling utama dan pertama saya lakukan adalah sowan dengan gubernur sebagai pimpinan tertinggi di daerah. Dengan maksud saya dapat diterima dengan baik sebagai warga yang baru," ungkapnya di hadapan undangan.

Ia juga menambahkan, pada dasarnya sinergitas antara Pemerintah Daerah dan Polri harus berjalan dengan baik. Dimana, tugas pokok antara keduanya juga berkesinambungan. Dimana Pemerintah bertugas membangun negara dan mensejahterkan rakyat, sedangkan kepolisian bertugas menjaga serta menciptakan iklim yang kondusif.

"Agar pemprov bisa membangun Kepri dengan nyaman. Namun, dengan tetap memegang rambu masing-masing," katanya.

Sementara itu, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengucapkan selamat kepada Kapolda atas jabatan serta wilayah tugas yang baru. Menurutnya, sambutan tersebut merupakan simbol penghormatan dari adat melayu dalam menyambut seorang tokoh.

Diharapkan, dengan tugas yang baru ini, aparat kepolisian tetap bisa bersinergi dengan menjalin koordinasi dengan Pemerintah Provinsi. "Saya rasa tidak terlalu sulit bagi Pak Kapolda bertugas di sini. Apalagi dengan rekam jejak karir yang gemilang tersebut," ujar Nurdin.

Editor: Yudha