APBD 2018 Disahkan

Nurdin Minta OPD Kebut Program Prioritas dan Fokus ke Peningkatan SDM Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Jum\'at | 01-12-2017 | 12:38 WIB
Nurdin-dan-OPD.jpg
Gubernur Nurdin Basirun mengumpulkan Kepala OPD usai pengesahan APBD Kepri 2018. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Nurdin Basirun kembali menegaskan agar anggaran APBD 2018 dilaksanakan dengan tepat waktu, serta memfokuskan pada program prioritas meningkatkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) di Kepri.

Kepedulian terhadap investasi SDM ini dilakukan melalui alokasi anggaran pendidikan dan kesehatan yang mencapai 36,5 persen dari seluruh total APBD 2018 yang sebesar Rp3,594 triliun. Sekitar 26 persen di antaranya untuk pemdidikan, dan sekitar 10,5 persen untuk kesehatan.

"Ini merupakan hak masyarakat Kepri untuk mendapatkan layanan pendidikan dan kesehatan yang optimal," kata Nurdin yang langsung mengumpulkan sejumlah Kepala OPD di ruang kerjanya, di Istana Kota Piring, Dompak, Tanjungpinang, Kamis (30/11/2017) petang.

Nurdin mengumpulkan Kepala OPD setelah pengesahan APBD 2018 di Kantor DPRD Kepri. Tampak hadir di antaranya Sekdaprov Kepri H TS Arif Fadillah dan Kepala Barenlitbang Naharuddin MTP.

Nurdin menyebutkan, langkah investasi infrastruktur ini disejalankan dengan peningkatan infrastruktur yang sudah dirancang sejak beberapa waktu lalu. Pembenahan Kawasan Dompak, revitalisasi pelabuhan, dermaga, jalan dan lain-lainnya terus digesa.

"Infrastruktur ini suatu keharusan untuk memicu dan memacu pergerakan ekonomi masyarakat," kata Nurdin.

Selain itu, Nurdin berpesan agar kegiatan 2018 disegerakan. Untuk yang tahun 2017 sudah dibuat DED-nya, Januari 2018 harus sudah mulai dilelang.

Gubernur ingin semuanya dimulai dengan cepat, karena kawasan Kepri yang terbentang luas juga dipengaruhi kondisi cuaca dan alam.

Gubernur juga mengingatkan agar Kepri Integrated Information System dipercepat. Kawasan ini akan semakin mempertegas Kepri sebagai smart province.

"Daerah ini menjadi kawasan digital pertama di Tanjungpinang. Dari sini selain mempercepat pelayanan, juga harus mendorong lahirnya starup-star up baru dari generasi Kepri," kata Nurdin.

Nurdin mengatakan prioritas pembangunan yang sudah direncanakan dan disetujui DPRD harus digerakkan dengan cepat. Karena, kata Nurdin, semuanya itu akan ikut mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Editor: Gokli