Layanan 4G di Kecamatan Siantan Anambas Kembali Normal
Oleh : Alfredy Silalahi
Kamis | 07-06-2018 | 17:40 WIB
kapolres-wifi11.jpg
Kapolres Anambas, AKBP Junoto yang sedang memanfaatkan wifi di NOC PRB. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Masyarakat Tarempa, Kecamatan Siantan kembali menikmati frekuensi 4G. Dimana dalam dua minggu belakangan ini, frekuensi tersebut mengalami gangguan karena adanya aktivitas pencurian kabel di Bintan.

"Jaringan 4G ini dapat dirasakan sejak Rabu (6/6/2018) sore kemarin. Tapi herannya, ketika ada kunjungan Gubernur jaringan itu normal," ujar Rahmat, salah satu pengguna layanan 4G tersebut, Kamis (7/6/2018).

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Anambas, Jeprizal memastikan bahwa beroperasinya layanan 4G tersebut bukanlah ajang uji coba saja.

"Selama ini ada anggapan bahwa hilangnya layanan 4G, merupakan ajang uji coba dari provider. Sebenarnya tidak, bahkan sudah terbukti. Saat ini kondisi jaringan 4G sudah normal," ucapnya.

Jeprizal menyinggung, hilangnya layanan 4G dalam dua minggu terakhir merupakan dampak aktivitas pencurian kabel bawah laut.

"Memang kabel Pala Ring Barat (PRB) tidak kena potong. Tetapi karena adanya aktivitas pencurian kabel bawah laut, kondisi kabel menjadi terganggu. Sehingga menghambat pengoperasian," singgungnya.

"Kita juga sebelumnya mendapat kabar dari pihak provider, perbaikan paling lambat tanggal 12 Juni. Tetapi tidak sampai tanggal 12, kita sudah bisa menikmati layanan 4G. Memang ini komitmen provider, untuk memperlancar akses telekomunikasi di perbatasa. Memang belum semua, tetapi akan dilakukan bertahap," pungkasnya.

Editor: Yudha