Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polsek KKP Sekupang Tangkap Kurir Ganja Lintas Provinsi
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Rabu | 30-11-2011 | 17:21 WIB
tersangka-pembawa-ganja.gif Honda-Batam

Azhari bersama barang bukti ganja yang dibawanya dari Aceh melalui Dumai (Foto: Roni)

BATAM, batamtoday - Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) Sekupang berhasil mengamankan Azhari (42) asal Lhokseumawe Aceh karena membawa satu kilogram ganja di Pelabuhan Domestik Sekupang, Rabu (30/11/2011) sekitar pukul 14.30 WIB.

Ganja tersebut ditemukan tersimpan dalam tas merek Polo berwarna merah milik pria berperawakan sedang yang mengenakan pakaian kaus warna coklat dan celana pendek tersebut. Saat dilakukan pengecekan di dalam tas tersebut terdapat barang haram yang terdiri dari 250 gram daun ganja kering dan 750 gram ganja berbentuk serbuk yang sudah diblender.

Dijelaskan Kapolsek KKP, AKP Dasrul Savit penangkapan berawal dari kecurigaan anggota KKP yang sedang melakukan patroli terhadap Azhari yang baru turun dari kapal Feri Batam Jet 5 baru tiba dari Dumai.

"Ganja dari Aceh untuk dibawa ke Batam melalui Dumai," kata Dasrul kepada wartawan.

Saat dilakukan pemeriksaan, dari tasnya ditemukan bungkusan berupa daun ganja kering dan serbuk ganja yang sudah diblender yang disimpan dalam kantong plastik terpisah. Juga terdapat kopi aceh dan obat pil untuk sakit maag.

"Pas tertangkap, dia tidak bisa mengelak lagi dan langsung kita amankan. Penangkapan berkat kesigapan anggota kita dilapangan yang langsung tangkap saat melihat gerak-gerik tersangka yang mencurigakan," ujarnya.

Selanjutnya, tersangka beserta barang bukti akan dilimpahkan ke Satuan Narkoba Polresta Barelang guna penyelidikan lebih lanjut. Termasuk pemeriksaan terhadap serbuk kopi dan pil yang diakui sebagai obat maag tersebut.

Sementara itu, tersangka mengaku kalau ganja tersebut bukan untuk dijual melainkan untuk dipakai sendiri. Karena dia sudah ketergantungan memakainya.

"Saya sendiri saja kesini dan baru pertama kali menginjakkan kaki di Batam. Ganjanya untuk dipakai sendiri. Serbuk itu untuk bahan masakan," kata Azhari.