Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringati 1 Muharram, Rohis SMA/SMK/MA se-Kecamatan Singkep Gelar Rihlah Ukhuwwah
Oleh : Nurjali
Jum\'at | 22-09-2017 | 09:38 WIB
rohis.gif Honda-Batam
Para peserta kegiatan Rihlah Ukhuwwah di Pantai Indah Sergang, Desa Tanjung Harapan, Lingga. (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Rohis SMA/SMK/MA se-Kecamatan Singkep menggelar kegiatan Rihlah Ukhuwwah di Pantai Indah Sergang, Desa Tanjungharapan pada Kamis (21/9/17).

Kegiatan yang dilaksanakan tepat pada Tahun Baru 1 Muhharam 1439 Hijriyah ini, bertujuan untuk saling menguatkan karakter generasi muda, menjadi penggerak kebaikan dalam setiap tindakan dan menjadi perekat terhadap lingkungan pergaulannya.

Kegiatan yang disejalankan dengan semangat kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, yang disebut PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) ini menurut panitia kegiatan, Syafitriandy yang juga guru Agama di SMA Negeri 2 Singkep ini, untuk merekatkan rasa ukhuwwah, rasa persaudaraan diantara sesama peserta rohis.

"Peserta kegiatan ini beda sekolah, tetapi kita merupakan bagian insan kebaikan, jadi perbedaan itu adalah anugrah dan menjadi warna dalam ukhhuwwah," sebutnya.

"Insyaallah akan kita jadikan agenda tahunan Rohis SMA/SMK/MA se-Kecamatan Singkep," ungkap Ari yang juga mantan Ketua KAMMI Kepri ini.

Adapun berbagai kegiatan yang digelar untuk menguji ketangkasan dan kemampuan anak-anak remaja Rohis (Rohani Islam) ini diawali dengan game, outbond dan low impact. Kegiatan ini dipandu oleh instruktur yang berpengalaman, Supriono yang sekaligus juga pengajar di SMA Negeri 2 Singkep.

Materi inti pada kegiatan ini dinamakan studi kasus tentang berbagai problematika remaja. Di sini para peserta diajak berfikir kritis, sehingga memiliki daya kreatif dalam memecahkan suatu persoalan dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudian para peserta diminta untuk dapat mengkolaborasikan ide-ide tersebut, bersama dengan rekan di kelompoknya yang berbeda sekolah dan dikomunikasikan kepada kelompok yang lain.

"Dalam sesi ini peserta diajak bermain peran dan mengeluarkan hasil olah pikirnya berdasarkan peran yang dimainkannya," kata salah satu narasumber kegiatan, Riza Andriani, yang juga pembina Mentoring Rohis di SMAN 2 Singkep.

Taufik Ramadhan, salah satu siswa SMA Negeri 1 Singkep saat ditemui di sela-sela kegiatan mengaku kagum dengan kegiatan ini. "Amazing, kami diajak untuk berfikir kritis dalam memecahkan sebuah kasus problematika remaja dari sudut pandang masing-masing, jadi ide-ide yang ada mampu kami kolaborasikan, ini sangat menantang, dan menyenangkan," sebutnya.

"Kegiatan seperti ini kami harap dapat dipertahankan," imbuh peserta yang juga Ketua Parlemen Remaja Nasional 2017 ini.

Kegiatan rihlah ukhuwwah ini ditaja oleh Rohis SMA Negeri 2 Singkep dengan didukung oleh Rohis SMA Negeri 1 Singkep, Rohis SMK Negeri 1 Singkep, Rohis SMK Mahardika dan Madrasah Aliyah Al Barakah Singkep, dengan tema 'semangat tahun baru Hijriyah 1439, pererat ukhuwwah agar hidup semakin berkah'.

Editor: Gokli