Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Di Era Digital, Pemerintah Provinsi Kepri Harus Bergerak Cepat
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 19-09-2017 | 10:26 WIB
digital-gateway1.jpg Honda-Batam
Gubernur Nurdin memimpin pembahasan APBD 2018 di ruang rapat Barenlitbang, Dompak, Tanjungpinang, Senin (18/9/2017) petang.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun menegaskan, di era digital saat ini semua pelayanan harus berbasis teknologi informasi. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bersentuhan dalam melayani publik, semua harus digital.

"Ini sudah era digital. Kita harus bergerak cepat, atau kita semakin tertinggal," kata Nurdin saat memimpin pembahasan APBD 2018 di ruang rapat Barenlitbang, Dompak, Tanjungpinang, Senin (18/9/2017) petang.

Ke depan, segera dibangun dashboard yang mengintegrasikan penyajian informasi dan pelaporan atas pengelolaan pemerintahan Provinsi Kepri dengan menggunakan sejumlah sistem aplikasi yang fungsinya sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing OPD pelaksana.

Aplikasi ini dimaksudkan sebagai salah satu implementasi E-Government di Provinsi Kepulauan Riau, yang bertujuan untuk memanajemen informasi aplikasi OPD yang bersangkutan, yang kemudian akan ditampilkan pada sistem dashboard.

Gubermur Nurdin Basirun bersama Kepala Barenlitbang Naharuddin MTP.

"Aplikasi ini menjadi pintu gerbang informasi terkait tata kelola perencanaan pembangunan, tata kelola belanja dan pendapatan, belanja barang dan jasa, dan lainnya," kata Nurdin.

Pada saat pembahasan anggaran bersama Dinas Kominfo, Gubernur Nurdin Basirun juga meminta agar OPD ini membuat berbagai terobosan baru dan inovasi, khususnya penggunaan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan dan informasi kepada masyarakat. Kominfo juga diminta untuk mendorong tumbuh dan berkembangnya ekosistem digital di Kepri.

Gubermur Nurdin Basirun saat pembahasan anggaran bersama Dinas Kominfo.

Nurdin pun mengilustrasikan pesan-pesan yang disampaikan Presiden Jokowi dalam berbagai kesempatan, bahwa saat ini bukan yang kuat mengalahkan yang lemah. Juga bukan yang besar mengalahkan yang kecil.

"Ini saatnya yang cepat mengalahkan yang lambat. Makanya kita harus bergerak cepat. Cepat memberi layanan terbaik pada masyarakat," kata Gubernur Nurdin yang didampingi Sekdaprov H. TS Arif Fadillah, Kepala Barenlitbang Naharuddin MTP, Asisten Ekonomi Pembangunan Syamsul Bahrum dan Kepala Biro Pembangunan Aries Fhariandi.

Gubermur Nurdin Basirun saat msmberikan amanah dalam acara Pembinaan Penyelenggara Pemerintahan Kecamatan dan Kekuarahan di hotel Aston Tanjungpinang.

Soal layanan berbasis digital ini juga disampaikan Nurdin saat Pembinaan Pemerintahan Kecamatan dan Kelurahan yang digelar di Aston Hotel Tanjungpinang, pekan lalu. "Kecamatan dan Kelurahan merupakan garda terdepan dalam memberi layanan kepada masyarakat. Dengan sendirinya jika layanan di sini baik, maka akan terlihatlah pemerintahan di provinsi tersebut memang baik," ujar Nurdin.

Belum lama ini kerja sama ekonomi digital telah disepakati antara Singapura dan Indonesia Belum lama ini, . Kepri sebagai daerah yang berhadapan langsung dengan Singapura, harus siap dan mengambil peluang itu. "Pemprov harus memulai. Digital gateway yang siapkan akan segera berjalan," kata Nurdin.

Editor: Gokli