Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gorong-gorong Ambruk, Akses Menuju Pelabuhan Roro dan Feri di Lingga Terganggu
Oleh : Nurjali
Senin | 11-09-2017 | 10:02 WIB
ambruk.gif Honda-Batam
Inilah penampakan jalan rusak menuju pelabuhan Roro dan Feri di Desa Lanjut, Kabupaten Lingga. (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Gorong-gorong di bahu jalan menuju pelabuhan Feri, Jagoh dan Roro daerah Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir ambruk. Akibatnya, akses menuju pelabuhan itu terganggu.

Kondisi ini sangat membahayakan bagi pengguna jalan, padahal jalan itu akses yang paling sering digunakan masyarakat untuk menuju ke pelabuhan Jagoh.

Anggota DPRD Lingga dari Partai Nasdem, Neko Wesha Pawelloy mengatakan kondisi jalan sangat berbahaya bagi pengguna, sehingga Dinas terkait diminta segera turun untuk melakukan perbaikan. "Kalau dibiarkan kondisi jalan ini akan semakin parah, dan kemungkinan tidak dapat dilewati," sebutnya, Senin (11/9/2017).

Gorong-gorong itu ambruk akibat tekanan air yang besar saat hujan turun beberapa waktu yang lalu. "Pemerintah Daerah harus segera melakukan perbaikan, karena jalan ini merupakan akses ke luar masuk kendaraan dari pelabuhan Roro dan pelabuhan penumpang," katanya, lagi.

Salah satu warga Desa Lanjut, Candra mengatakan rusaknya jalan itu pada Jumat (8/9/17) membuat beberapa lokasi di Desa Lanjut sempat terendam banjir, bahkan ada jalan yang tertimbun longsor meski tidak begitu parah.

"Saat itu juga jalan tersebut ambruk, karna gorong-gorong yang dibuat tidak mampu menahan derasnya air dari bukit gunung lanjut," jelasnya.

Pihak desa sudah menghubungi beberapa pihak terkait, mulai dari Kepala Dinas PUPR hingga Dinas terkait lainnya untuk mengantisipasi kerusakan yang lebih parah.

"Sampai saat ini belum ada respon dari Dinas terkait," ujarnya.

Karna tidak ada yang meninjau, masyarakat membuat rambu-rambu sendiri dari kayu seadanya untuk menghindari kecelakaan di lokasi tersebut. "Yang kita takut kalau malam hari, kalau siang mungkin masih terlihat, tetapi malam di sini gelap ditambah lagi jalanan lurus sangat berbahaya," tutupnya.

Editor: Gokli