Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jamaah Haji Kloter I Bintan akan Sampai Jumat Siang di Bandara Hang Nadim Batam
Oleh : Syajarul Rusydy
Kamis | 07-09-2017 | 19:14 WIB
jamaah-haji-asal-bintan-di-jedah.gif Honda-Batam
Jamaah haji asal Bintan saat di Jedah (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) I Bintan, dipastikan pulang utuh, seperti saat keberangkatan berjumlah 65 orang. Rombongan diperkirakan tiba pada Jumat (8/9/2017) siang, di Asrama Haji Batam.

Ketua Rombongan Jamaah asal Bintan, H Iwan Muttaqin, saat dikonfirmasi melalui telepon menyampaikan bahwa rombongan sudah selesai menjalankan prosesi ibadah haji. 65 orang Jamaah Haji asal Kabupaten Bintan yang tergabung dalam kloter I Debarkasi Batam dalam keadaan sehat wal 'afiat.

"Alhamdulilah, saat ini kita semua dalam kondisi sehat wal 'afiat, diperkirakan akan tiba di Asrama Haji Batam pada siang hari Jumat," beber Iwan, Kamis (7/9/2017).

Menjelang pemberangkatan ke tanah air dari Jedah, kata Iwan, sebelum salat Isya para jamaah sudah melaksanakan tawaf wada' atau tawaf perpisahan. Namun demikian, usai ibadah salat subuh sebagian jamaah telah menunaikan tawaf wada'.

"Terakhir tinggal tawaf wada'. Bakda subuh sudah ada juga jamaah kita yg melaksanakannya. Diharapkan sebelum Isya semua jamaah sudah melaksanakan tawaf wada'," harap Iwan.



Nanti tengah malam, tambah Iwan lagi sekira pukul 00.00 Waktu Arab Saudi (WAS) para jamaah sudah check out dari hotel dan langsung ke bandara Jeddah. Kemudian, jam 10.00 WAS, Jum'at siang, para jamaah baru berangkat ke bandara Hang Nadim Batam menggunakan Saudi Arabia Airlines.

"Jadi dari Kamis malam sampai berangkat pukul 10.00 WAS pagi besok, kami sudah berada di bandara Jeddah," kata Iwan.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, Erizal Abdullah, mengatakan bahwa rombongan jamaah Bintan bergabung bersama jamaah Provinsi Kepulauan Riau lainnya, sebanyak 450 orang jamaah Haji. Keseluruhannya terdiri dari jamaah Haji asal Kabupaten Lingga, Karimun, Natuna dan sebagian Kota Batam.

"Mereka yang dari Bintan tergabung bersama jamaah Kepri, jadi dari berbagai daerah jadi satu dan sampai di Batama berbarengan," timpalnya.

Editor: Udin