Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Urus Paspor di Imigrasi Batam via Whatsapp, Begini Caranya
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 05-09-2017 | 13:02 WIB
konfrens-imigrasi-batam1.gif Honda-Batam
Konfrensi pers pengurusan paspor via whatsapp di Imigrasi Batam. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui perkembangan teknologi dalam pengurusan paspor di kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Batam. Mengurus paspor bisa melalui whatsapp yang telah diluncurkan 19 Juni 2017 lalu.

Kemudahan pengurusan paspor via whatsapp membuat tidak ada lagi antrian konvensional di kantor imigrasi di Batam Center, tepatnya di depan kantor DPRD Batam.

"Pengurusan paspor via whatsapp ini sudah memecahkan masalah yang ada. Sekarang tidak ada lagi antrian konvensional," ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 khusus Batam, Lucky Agung Binarto, Selasa (5/9/2017).

Dengan layanan antrian paspor via whatsapp ini, masyarakat yang ingin membuat paspor baru atau perpanjang dapat mendaftarkan diri dengan cara mengirimkan pesan ke via whatsapp ke nomor 082288862017 pada jam pelayann 07.30-10.00 Wib.

Tata cara pendaftaran dengan mengirimkan data diri mengetik #Nama#TGL Lahir#Alamat+Foto E-KTP. Khusus untuk anak-anak ketik #Nama#TGL Lahir#Alamat+Foto Akte Lahir.

"Sekarang mudah, masyarakat tinggal mendaftar melalui whatsapp di rumah," katanya.

Setelah dikirim nantinya masyarakat akan mendapatkan balasan mengenai nomor antrian, waktu serta dokumen apa saja yang harus dibawa. Setelah mendapatkan jawaban masyarakat harus datang 30 menit sebelum waktu yang ditentukan.

"Sebelum masuk Batam saya merinding, karena antrian buat paspor sampai kejalan dangan cara meletakan helm. Saya datang ke kantor awal-awal berkerja pukul 06.00, sekarang sudah teratasi," katanya.

Feddy, Kepala Bidang Lalulintas, perizinan dan status (Lalintaskim) menjelaskan, layanan via whathapp ini tidak melayani pergantian paspor hilang, rusak atau ada perubahan data.

"Tapi kendala kami banyak masyarakat yang mengirim pesan tidak sesuai format, contoh menanyakan harga. Mohon maaf pesan itu tidak akan dibalas karena tidak sesuai format," pungkasnya.

Editor: Yudha