Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Bida Garden Hajar dan Telanjangi Pencuri
Oleh : Ali/Dodo
Selasa | 22-11-2011 | 11:23 WIB
maling-bida-garden.gif Honda-Batam

Joko (bercelana dalam), meringkuk di Pos Sekuriti Perumahan Bida Garden usai dihajar warga setelah mencuri di perumahan tersebut. (Foto: Ali)

BATAM, batamtoday - Maraknya aksi pencurian di siang bolong yang terjadi di Perumahan Bida Garden membuat para penghuni perumahan tersebut menjadi geram.

Alhasil, saat aksi pencurian yang dilakukan oleh seorang lelaki bernama Joko (25) berhasil dipergoki, warga akhirnya melampiaskan kegeraman itu dengan cara menelanjangi dan menghajar Joko hingga babak belur pada Selasa (22/11/2011) sekitar pukul 10.15 WIB.

Joko yang mengaku tinggal di permukiman dekat Taman Raya itu diketahui sehari-harinya merupakan pemulung yang kerap beraksi di berbagai perumahan di Batam Center.

Sasaran Joko pada pagi menjelang siang kali ini adalah rumah Fatir di Perumahan Bida Garden Blok Flamboyan nomor 1 yang kebetulan sedang ditinggal pemiliknya karena suatu keperluan.

Melihat rumah yang kosong, timbul niat Joko untuk mencuri. Pria ini akhirnya mencongkel jendela kamar rumah Fatir dan berhasil mengobok-obok isi kamar serta menggondol sejumlah barang seperti celengan berisi uang, cincin mas kawin serta handphone.

"Saya saat itu baru pulang, curiga melihat jendela kamar terbuka. Ketika saya masuk terlihat sepintas maling itu dan kemudian melarikan diri setelah sempat mau membawa Playstation," kata Fatir kepada batamtoday.

Fatir yang tak hilang akal akhirnya mengejar bersama dengan sejumlah warga dan menemukan Joko bersembunyi di sebuah hutan kecil di dekat perumahan tersebut.

"Saat akan ditangkap, dia (Joko-red.) malah melawan. Akhirnya kita hajar dan telanjangi kemudian kita seret ke pos sekuriti," ujar Supono, sekuriti perumahan.

Bogem mentah maupun tendangan dari warga Bida Garden yang geram akan aksi pencurian yang terjadi melayang ke tubuh Joko. Pria itu sesekali hanya menutupi muka, menghindar dari pukulan warga.

Kini Joko dengan tubuh babak belur serta hanya bercelana dalam saja dibawa warga ke Polsek Batam Kota untuk diproses secara hukum.