Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkab Bintan Berencana Hidupkan Lahan Tidur untuk Tanam Padi
Oleh : Harjo
Rabu | 23-08-2017 | 19:38 WIB
Apri-dan-rombongan-tinjau-waduk.gif Honda-Batam
Bupati Bintan, Apri Sujadi, bersama rombongan Komisi I dan Komisi II DPRD Kabupaten Bintan meninjau Waduk Hulu Bintan, Selasa sore (23/8/2017) (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Bupati Bintan, Apri Sujadi, bersama rombongan Komisi I dan Komisi II DPRD Kabupaten Bintan meninjau Waduk Hulu Bintan, Selasa sore (23/8/2017). Waduk ini rencananya akan selesai dalam jangka waktu 2-3 bulan mendatang. Waduk dengan luas lebih kurang 5 Hektare ini mampu menghasilkan air sekitar 150 liter/ detik.

Dalam peninjauan waduk tersebut, Bupati Bintan menginstruksikan kepada Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bintan, Supriyono, dan Kepala Dinas PMD Kabupaten Bintan, Ronny Kartika, agar bersinergi dalam pemanfaatan waduk bagi masyarakat sekitar. Di antaranya dengan memaksimalkan potensi dan menghidupkan kembali pertanian dan persawahan di Desa Sri Bintan maupun di Desa Bintan Buyu.

"Kita ingin dengan adanya Waduk ini, semua pertanian yang tak produktif di dua desa tersebut bisa digarap menjadi pertanian yang bernilai tinggi. Kapasitas Waduk mampu mengairi sawah 471 hektar lebih," ujarnya melalui rilis yang disampaikan ke meja redaksi BATAMTODAY.COM, Rabu (23/8/2017).



Sementara itu, Arpa (55), petani Bintan Buyu mengatakan, dirinya menyambut baik dengan adanya Waduk tersebut. Tahun 2016 lalu, dengan lahan 1 hektare dirinya menghasilkan panen lebih kurang 6 ton.

"Tahun lalu kita menghasilkan panen lebih kurang 6 ton, dengan penjualan gabah sekitar 15 ribu per Kg. Kita harapkan dengan berfungsinya waduk, penghasilan juga akan meningkat," tutupnya.

Editor: Udin