Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KDN Gelar Seminar Kebangsaan

Kontribusi Nyata Maksimalkan Potensi Kemaritiman Kabupaten Bintan
Oleh : Syajarul Rusydy
Rabu | 23-08-2017 | 13:14 WIB
tol-laut-anambas21.jpg Honda-Batam
Tol Laut Anambas. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kelompok Diskusi Nusantara (KDN) menggelar seminar kebangsaan guna memberikan kontribusi nyata dan berpartisipasi dalam memaksimalkan potensi bidang kemaritiman Kabupaten Bintan.

"Kita di KDN ini tergabung dalam kelompok mahasiswa dari universitas yang berbeda-beda. Untuk membahas banyaknya potensi maritim di Bintan yang digarap tidak maksimal, sehingga terkesan sia-sia," ujar Ketua Seminar Kebangsaan, Suhairi, saat ditemui di Gedung LAM Bintan, Rabu (23/8/2017).

Menurutnya, Indonesia memiliki poros maritim terbesar di dunia. Seharusnya potensi itu bisa menjadi andalan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun sangat disayangkan, program yang sudah dibuat pengerjaannya setengah hati.

"Seperti contoh nyata tol laut, sudah setahun tidak berjalan di Bintan. Jika pemanfaatan daerah ini dikerjakan maksimal, tentunya bisa dijadikan andalan untuk mensejahteraakan masyarakat," kata Suhairi.

Untuk itu, seminar yang digelar hari ini, mendiskusikan kendala serta masukan yang perlu disampaikan, agar pemanfaatan daerah ini bisa maksimal, seperti yang diinginkan bersama. Adapun narasumber yang berkompeten dibidangnya yakni Lantamal IV, Dinas Perhubungan Provinsi Kepri serta Dinas Perikanan dan Kelautan Kepri.

"Satu hal yang sangat menjadi pemikiran kita adalah bagaimana caranya mendorong pemerintah, agar bisa memberikan akses transportasi yang memadai bagi masyarakat antar pulau," sebut Suhairi.

Misalnya saja, lanjutnya, selama ini sarana transportasi warga Tambelan sangat terbatas. Masalah transportasi ini sudah cukup lama dikeluhkan.

"Kiranya melalui seminar ini bisa memberikan masukan yang positif kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

Editor: Yudha