Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

HUT-RI Ke-72 Tahun 2017? di Kepri

Diikuti Seluruh Masyarakat, HUT RI di Kepri Bertema Indonesia Kerja Bersama
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 17-08-2017 | 17:03 WIB
Penyerahan-bendera-oleh-Gubernur.gif Honda-Batam
Penyerahan Bendera Merah Putih oleh Gubernur Kepri kepada pembawa Baki , Veranda Handini dari SMAN 3 Karimun (Foto: Charles Sitompul)

BATAM?TODAY.COM, Tanjungpinang - Upacara Bendera Peringatan HUT-RI ke-72 Tahun 2017 di Provinsi Kepri berlansung hikmat dan diikuti seluruh masyarakat di Lapangan Gedung Daerah Tanjungpinang, Kamis (17/8/2017).

Sebanyak 33 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kepri, sukses mengibarkan Bendera Merah Putih di tiang bendera setinggi kurang lebih 10 meter oleh Tim Delapan anggota Paskibra, melalui formasi 72, sebagai tanda 72 tahun lamanya Indonesia Merdeka.

Dari 33 anggota Paskibra yang terdiri dari tim 8, 17 dan 45, pembawa Baki Sang Merah Putih dilakukan oleh Veranda Handini dari SMAN 3 Karimun, yang diapit 2 pelajar lainnya, sebagai penggerek dan pengulur tali bendera.

Peringatan HUT-RI ke-72 di Provinsi Kepri kali ini mengambil tema, "Indonesia Kerja Bersama" dan dipimpin langsung Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sedangkan Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak, bertindak sebagai pembaca Teks Proklamasi serta diikuti oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) lainnya.



Dalam perayaan HUT RI 2017 ini, juga melibatkan sejumlah pejuang kemerdekan veteran di Kepri dan tamu undangan lain serta sejumlah masyarakat Kota Tanjungpinang.

Sedangkan pasukan upacara terdiri dari VII Pleton yang terdiri dari seluruh Unsur TNI, Kepolisiaan, PNS, Ormas dan OKP, Mahasiswa, serta siswa dan siswi di Tanjungpinang. Sejumlah pasukan ini tergabung dalam VII Kompi pasukan TNI-AL, TNI-AD, TNI-AU serta pasukan gabungan lainnya.

Sedangkan Komandan Upacara, dipimpin oleh Mayor TNI-AU Adm Delli Yudatama, yang kesehariannya menjabat sebagai Kepala Dinas Personil Lanut TNI AU Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Upacara Detik Detik Proklamasi HUT Kemerdekaan RI ke-72 Tahun 2017 di Provinsi Kepri ini diawali dengan pembacaan seluruh personil peserta upacara dan jumlah petugas penggerek bendera, serta pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Jumaga Nadeak. Selanjutnya pembacaan do'a oleh Kepala Kanwil Depag Kepri, serta pengibaran sang merah putih oleh pasukan pengibar bendera.

Upacara Detik Detik Proklamasi yang berlangsung hikmat dan lancar di lapangan Gedung Daerah Tanjungpinang itu diakhiri dengan pertunjukan drama kolosal, perjuangan Sultan Riayatsyah Kerajaan Riau Lingga, yang mengusir penjajah Belanda di Kota Tanjungpinang.

Pertunjukan drama kolosal perjuangan Sultan Riayatsyah itu sendiri diperankan oleh sejumlah pelajar di Tanjungpinang, di bawah asuhan Lantamal IV Tanjungpinang.

Editor: Udin