Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dikukuhkan, 30 Anggota Paskibraka Siap Kibarkan Merah Putih di Kecamatan Singkep
Oleh : Nurjali
Rabu | 16-08-2017 | 11:38 WIB
pengukuhan-00.gif Honda-Batam
Pengukuhan Paskibraka Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga. (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Sebanyak 33 anggota Paskibraka siap mengibarkan bendera Mera Putih di Kecamatan Singkep pada HUT RI ke-72 yang akan digelar di Lapangan Merdeka Dabosingkep. Sebelum diterjunkan pada 17 Agustus 2017, Paskibraka ini terlebih dahulu dikukuhkan Camat Singkep, Julita di Gedung Nasional Dabosingkep, Selasa (15/8/2017) malam.

Julita mengatakan, kegiatan pengukuhan ini dilaksanakan sebagai rangkaian dari pelaksanaan pasukan pengibar bendera, sebelum melaksanakan tugas untuk melakukan pengibaran bendera di saat Upacara HUT RI nantinya.

"30 anggota Paskibraka ini nantinya akan disiapkan untuk menjadi pasukan pengibar bendera setelah resmi menjadi anggota Paskibraka," sebutnya.

Dalam pengukuhan ini setiap peserta pengukuhan bersama-sama mengucapkan "Ikrar Putra Indonesia", selanjutnya dengan iringan lagu Padamu Negeri satu per satu anggota Paskibraka menarik nafas panjang dan mencium bendera Merah Putih sebagai kiasan bersedia untuk senantiasa setia dan berbakti pada Bumi Pertiwi Indonesia.

Kegiatan ini hanya sebagai simbolisasi siap berbakti bagi bumi Indonesia, karena bendera Merah Putih adalah lambang persatuan dan kesatuan Negara Indonesia. Saat proses mencium bendera maka pembina harus selalu mengikuti pembawa bendera dan berperan untuk mengatur waktu prosesi pelaksanaan agar tidak terlalu lama.

Sebagai pembina upacara, Julita melakukan pengukuhan anggota Paskibraka dengan menyematkan lencana Merah Putih Garuda sesuai tingkatannya dan dililitkan kendit di pinggangnya.

Kendit merupakan lambang kesatria pada zaman dahulu yang mengikrarkan kesetiaan pemakainya kepada kerajaan. Anggota Paskibraka sebagai pemegang kendit diharapkan memiliki sifat dan bersikap ksatria dalam pemikiran, perkataan dan perbuatannya sehari-hari, jujur dan mandiri dalam berbakti sebagai Pandu Ibu Pertiwi.

Sebelum pengukuhan dengan mengucapkan "Ikrar Pemuda Indonesia", pembina/penangungjawab latihan membacakan kata-kata pengantar pengukuhan dan kata-kata "Dharma Mulia Putra Indonesia" yang merupakan kode kehormatan Paskibraka.

Editor: Gokli