Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pulau Terluar Kabupaten Karimun

Lanal Karimun Kibarkan Bendera Merah Putih di Pulau Karimun Anak
Oleh : CR-16
Selasa | 15-08-2017 | 18:50 WIB
Hormat-pada-bendera.gif Honda-Batam
Upacara pengibaran Sang Merah Putih di pulau terluar Karimun atau tepatnya di Pulau Karimun Anak (Foto: CR-16)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjungbalai Karimun dibantu anggota Ormas FKPPI dan warga, mengibarkan Bendera Merah Putih di Pulau Karimun Anak, Desa Pongkar, Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun, Selasa (15/8/2017).

Dalam pelaksanaan pengibaraan Bendera Merah Putih yang berukuran 25 x 11 meter dan berat 35 Kg itu, ditandai dengan upacara di atas Kapal Patkamla Combat Boat Lanal TBK dan dipimpin langsung oleh Danalanal TBK, Letkol Laut (P) Totok Irianto.

"Pulau Karimun Anak adalah salah satu pulau di Republik Indonesia dan merupakan lintasan kapal terpadat di dunia. Oleh karena itu, dikibarkannya Bendera Merah Putih di Pulau Karimun Anak ini sebagai pemberitahuan kepada negara lain atau instansi dari luar yang melintasinya daerah ini," ujar Danlanal.

Ia juga mengatakan, Lanal Tanjungbalai Karimun akan terus mengontrol pulau-pulau yang tidak berpenghuni di Kabupaten Karimun ini. Agar Negara lain atau instansi yang melintasi, tahu bahwa pulau ini milik Republik Indonesia. Oleh karenanya diberi simbol negara seperti Bendera Merah Putih.

"Kita memberikan simbol agar negara lain dari luar yang melintasi pulau tidak berpenghuni tersebut tahu bahwa itu milik Republik Indonesia," ujarnya.



Sementara itu Bupati Karimun, Aunur Rafiq, mengucapkan terima kasih kepada Danlanal TBK beserta anggota yang telah bersusah payah mengibarkan Bendera Merah Putih di Pulau Karimun Anak itu, dalam rangka menyambut HUT RI ke-72 yang tinggal 2 hari lagi, Indonesia merayakannya.

"Pulau Karimun Anak ini memang merupakan daerah perbatasan yang terluar di Kabupaten Karimun, namun tetap merupakan bagian dari Indonesia. Ini merupakan sejarah, sebab ini pertama kalinya dilaksanakan, karena dengan adanya seperti ini, maka akan adanya rasa cinta terhadap tanah air," ujar Rafiq

Hadir juga dalam upacara tersebut, Bupati Karimun Aunur Rafiq, Kasi Penyidikan dan Penindakan KPPBC Andi Cusna, Kabag Pengelola Perbatasan Karimun Irwanto MM, Kadis PUPR Karimun M Zulfan, Kadishub Karimun Fajar Horison dan Ketua FKPPI Karimun Hartoyo.

Editor: Udin