Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pencairan Dana Desa 2017 di Bintan Sudah Tahap II
Oleh : Syajarul Rusydy
Senin | 14-08-2017 | 16:14 WIB
Kepala-BPMD-Bintan,-Ronny-Kartika.gif Honda-Batam
Kepala BPMD Bintan, Ronny Kartika (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pencairan Dana Desa (DD) di Kabupaten Bintan telah memasuki tahap II, namun untuk Desa Penaga masih belum menerima pencairan sepersen pun. Hal ini disebabkan karena sejauh ini Desa Penaga belum menyelesaikan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) anggaran Dana desa yang digunakan selama ini.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Bintan, Ronny Kartika, kepada BATAMTODAY.COM menyampaikan bahwa saat ini sudah memasuki proses pencairan tahap dua pencairan Dana Desa untuk 36 desa yang ada di Bintan.

"Saat ini sudah memasuki tahan dua proses pencairan Dana Desa di Bintan. Pada tahap satu dari 36 desa yang ada hanya satu desa yang belum cair atau 0 persen, yakni Desa Penaga. Karena sampai sejauh ini berkas LPj mereka belum masuk ke kita," ujar Ronny saaat ditemui diruangan kerjanya, Kantor BPMD, Bintan Buyu, Senin (14/8/2017).

Dalam anggaran Dana Desa ini, Ronny menuturkan bahwa ada dua, yakni Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Untuk Dana Desa laporannya dua kali dalam setahun. Sedangkan ADD laporannya sebanyak empat kali dalam setahun. Saat ini Dana Desa sedang proses laporan untuk tahap dua.

"Untuk total Dana Desa yang masuk ke Bintan sebanyak Rp31 miliar dan ADD sebanyak Rp41 miliar. Dari 36 desa yang ada, tinggal satu desa saja yang belum cair 0 persen, yakni Desa Penaga," tutur Ronny kembali.

Editor: Udin