Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Toapaya Selatan Masuk Nominasi Desa Terbaik Nasional
Oleh : Ismail
Selasa | 08-08-2017 | 19:02 WIB
Kadisduk-Capil-Prov,-Sadirson1.gif Honda-Batam
Kepala DPMD Dukcapil Provinsi Kepri, Sardison (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Salah satu desa berhasil mewakili Provinsi Kepulauan Riau masuk dalam tiga besar desa terbaik di Regional Sumatra yang bersaing dengan perwakilan 10 provinsi lainnya. Desa tersebut, yakni Desa Toapaya Selatan, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMD Dukcapil) Provinsi Kepri, Sardison menyebut, terpilihnya Desa Toapaya Selatan sebagai 3 besar penilaian desa terbaik Nasional untuk Regional 1 Sumatra ini setelah desa ini menjalani berbagai penilaian.

Mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, kabupaten dan akhirnya terpilih mewakili Provinsi Kepri ke tingkat Nasional setelah mendapat predikat desa terbaik se-Provinsi Kepulauan Riau.

"Alhamdulillah, setelah dinilai, Desa Toapaya Selatan masuk dalam grade di atas rata-rata, bersaing dengan perwakilan desa di 10 Provinsi se-Sumatra," ujarnya kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (8/8/2017).

Bahkan, lanjut Sardison, sekitar seminggu lalu tim dari Kementerian sempat turun ke Bintan melakukan verifikasi faktual di lapangan. Melihat kondisi riil Desa Toapaya Selatan tersebut.

Untuk tahap selanjutnya, ia mengatakan, masih ada tahap presentasi yang harus dilakukan untuk meraih predikat desa terbaik Nasional.

"Ini sebuah prestasi yang membanggakan bagi kita. Oleh karena itu, kita sama berdoa dan berusaha agar mencapai hasil yang maksimal," harap Sardison.



Sementara itu, Camat Toapaya, Riang Anggraini menjelaskan, mulai 9-12 Agustus nanti, perangkat Desa Toapaya Selatan didampingi pihak kecamatan akan mempresentasikan keunggulan yang dimiliki.

Dijelaskannya, dalam penilaian desa terbaik ini ada beberapa indikator penilaian. Di antaranya dari segi sistem pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Menurut Riang, ada beberapa hal yang menjadi andalan Desa Toapaya dalam penilaian ini. Salah satunya inovasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Diketahui, BUMDes Toapaya Selatan mengelola sejumlah usaha, di antaranya pengolahan pupuk organik hayati (POH), budi daya jamur dan pengembangan eko wisata.

"Pengelolaan BUMDes di Toapaya ini dianggap baik sehingga cukup banyak daerah lain yang melakukan studi banding di sini," jelasnya.

Hasil penilaian ini rencananya akan diumumkan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI di Istana Negara, Jakarta. Selain mengundang perwakilan Desa Toapaya Selatan, Pemerintah Pusat juga mengundang perwakilan Kelurahan Toapaya untuk hadir dalam pengumuman desa terbaik tingkat Nasional itu.

Editor: Udin