Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiga Jam Berlalu, Lahan Terbakar di Kampung Lengkuas Belum Berhasil Dipadamkan
Oleh : Syajarul Rusydy
Jum'at | 28-07-2017 | 20:15 WIB
Damkar-padamkan-api-di-Kijang.gif Honda-Batam
Damkar sedang memadamkam api di Kampung Lengkuas, Kijang (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Sekitar tiga jam sudah berlalu, namun kobaran api masih memanggang lahan seluas 4 Hektar lebih di Kampung Lengkus, perbatasan Kelurahan Kijang Kota-Gunung Lengkuas, Kecamatan Bintan Timur (Bintim).

Pantauan BATAMATODAY.COM di lapangan, Lurah Kijang Kota, Anton Hatta Wijaya, bersama Damkar Bintan sedang berupaya menjinakkan kobaran api. Tanki satu unit mobil Damkar sudah habis, namun kobaran api masih belum terpadamkan.



"Kami bersama damkar masih berupaya mematikan api, sekarang mobil damkar masih mengisi air. Karena satu tanki penuh sudah habis dan api belum juga padam," beber Anton saat ditemui di TKP, Kampung Lengkuas Kijang, Jumat (28/7/2017).

Mobil damkar tiba di lokasi kebakaran, kata Anton, sekitar pukul 16.15 Wib. Setelah pihaknya menghubungi, mereka langsung dengan sigap turun ke lokasi. Alhasil sebagian sudah berhasil dipadamkan.



"Alhamdulilah udah hampir padam, tapi sebagian titik masih besar api melalap ilalang yang kering," beber Anton.

Atas kejadian ini, Anton mengimbau kepada seluruh masyarakat, untuk tidak membakar lahan sembarang. Mengingat saat ini cuaca panas melanda Bintan, khususnya Kecamatan Bintim.



"Saya imbau kepada masyarakat Bintim agar tidak membakar lahan sembarangan, karena saat ini kita sedang mengalami musim panas dan angin yang kencang. Apabila ilalang kering ini dibakar maka dengan sangat mudah api menyala," timpal Anton.

Editor: Udin