Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bawang Putih, Obat Alami Redakan Sakit Punggung
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 21-07-2017 | 11:50 WIB
bawang-putih-011.gif Honda-Batam
Bawang putih. (Shutterstock)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sakit punggung? Coba ramuan alami dari bawang putih. Kini sakit punggung tak hanya dialami oleh orang dewasa saja, kalangan remaja dan anak-anak juga dapat merasakannya. Duduk dan bekerja berjam-jam tanpa henti dan kurang olahraga menjadi penyebab utama sakit punggung.

Intensitas rasa sakit bisa bervariasi dari sedikit ke berat. Jika setiap kali mengalami rasa sakit ini, minum obat penghilang rasa sakit dapat menyebabkan efek samping tertentu. Nah, sebaiknya dicoba mengkonsumsi obat alami yang aman untuk tubuh.

Bawang putih mempunyai zat antioksidan yang tinggi, kaya akan vitamin, kalsium dan mineral. Tidak hanya untuk sakit punggung, bawang putih bisa digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit lainnya.

Berikut pengobatan alami menggunakan bawang putih yang dilansir dari laman Boldsky:

1. Bawang putih dan minyak mustard

Campurkan 10 siung bawang putih yang telah dihaluskan dengan 5 sendok makan minyak mustard. Panaskan ini dengan api rendah sampai bawang putih menjadi coklat. Ambil minyak ini dan pijat ke daerah yang nyeri. Biarkan selama beberapa jam lalu mandi dengan air hangat. Lakukan ini sekali sehari untuk hasil maksimal.

2. Bawang putih dan kunyit

Campur segelas air beberapa siung bawang putih yang telah dihaluskan dengan kunyit parut. Tambahkan sedikit madu untuk menambah rasa manis. Konsumsi setidaknya dua kali sehari sampai gejala mereda.

3. Bawang putih dan jahe

Haluskan bawang putih dan jahe. Oleskan campuran bawang putih ini ke daerah yang nyeri. Biarkan ini selama 1/2 jam lalu bilas dengan air suam-suam kuku. Lakukan hal ini sekali sehari sampai gejala mereda.

4. Bawang putih dan minyak kayu putih

Campurkan bawang putih parut dengan 2-3 sendok makan minyak kayu putih. Pijat daerah yang nyeri dengan menggunakan minyak ini. Biarkan selama beberapa jam lalu mandi air hangat. Lakukan ini sekali sehari untuk maksimal.

Sumber: Tempo.co
Editor: Gokli