Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Orang Gila di Kijang Bertambah, Lurah Kiko Kesulitan Mengatasinya
Oleh : Syajarul Rusydy
Senin | 17-07-2017 | 17:50 WIB
penangkapan-orang-gila-di-Bintan.gif Honda-Batam
Orang gila yang diamankan (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Keberadaan orang gila di Kijang, Kecamatan Bintan Timur (Bintim), Kelurahan Kijang Kota (Kiko) belakangan ini mengalami peningkatan. Sementara di wilayah tersebut belum tersedianya penempatan khusus untuk orang-orang yang mengalami gangguan jiwa.

Lurah Kijang Kota, Anton Hatta Wijaya, kepada BATAMTODAY.COM mengakui bahwa di wilayah kerjanya tersebut, belakangan ini banyak warga yang melapor terkait keberadaan orang gila. Terkadang membuat warga resah.

"Memang belakangan ini, banyak aduan masyarakat terkait keberadaan orang gila di wilayah kerja kita," beber Anton saat ditemui di Kijang, Senin (17/7/2017).

Untuk mengatasi ini, kata Anton, pihaknya sangat mengalami kesulitan, karena di wilayahnya belum ada penampungan khusus untuk orang-orang yang mengalami gangguan jiwa. Terlebih orang gila yang berkeliaran di wilayahnya itu bukan asli warga Kijang.

"Untuk penanganannya memang kita mengalami kesulitan, ditambah lagi orang orang gila itu bukan warga kita," katanya.



Meski demikian, Anton berharap untuk ke depan perlu adanya tempat penampungan sementra di wilayah kerjanya. Agar apabila kembali ditemukan orang-orang yang mengalami gangguan jiwa, bisa ditempatkan di ruangan sementara itu. Sebelum dikembalikan ke keluarganya.

"Kami berharap ke depan diadakan tempat penampungan sementara untuk orang gila, agar tidak berkeliaran di jalan dan meresahkan warga," harap Anton.

Editor: Udin